image source: https://img.freepik.com/free-photo/crop-women-with-map-standing-street_23-2147771226.jpg?t=st=1709273984~exp=1709277584~hmac=1e447893606295677269aadb0a786374ccdcab0ad133e05afcff22941341b8e1&w=740

Apa Itu Touring? 8 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan!

Halo Sobat Torch! Touring saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup favorit banyak orang, terutama di kalangan anak muda. Pasalnya, selain bisa menjelajahi tempat-tempat baru, touring juga bisa menjadi ajang melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.


Bagi para pecinta touring, tentu pengalaman on the road menyusuri pemandangan alam sambil menikmati suasana bebas adalah surga dunia. Apalagi jika dilakukan bareng geng atau komunitas, serunya pasti berkali-kali lipat!


Sayangnya, terkadang banyak yang masih awam soal seluk-beluk touring. Akibatnya, saat praktik di lapangan banyak yang membuat kesalahan sepele hingga fatal. Misalnya lupa bawa helm saat touring naik motor, ban bocor di tengah jalan, atau mobil mogok di jalur pendakian.


Lantas, sebenarnya apa sih touring itu? Apa saja yang harus Sobat persiapkan agar touring berjalan aman, nyaman dan menyenangkan? Yuk simak artikel lengkapnya dari Torch!


Apa Arti Touring?


Touring sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi pecinta traveling maupun otomotif tanah air. Secara sederhana, touring adalah kegiatan bepergian jauh menggunakan kendaraan, baik itu mobil ataupun motor.


Tujuan utama dari touring biasanya untuk liburan, melihat-lihat pemandangan alam yang indah, mencari tempat makan enak, atau sekadar melepas penat dan mencari suasana baru di luar rutinitas sehari-hari yang membosankan.


Berbeda dengan bepergian pada umumnya, touring melibatkan perjalanan dalam jarak yang cukup jauh, ratusan bahkan ribuan kilometer, melewati berbagai jalan dan rute perjalanan. Bukan sekadar jalan-jalan di sekitar kota saja.


Touring juga dibagi menjadi 2 macam, yaitu Tourjib atau Touring Wajib dan Tourgab atau Touring Gabungan. Perbedaannya hanya terletak di orang yang mengikuti touring tersebut. Untuk Tourjib diperuntukan untuk orang-orang di suatu komunitas touring sedangkan Tourgab merupakan gabungan touring antara komunitas yang satu dengan yang lain.


Baca Juga: Apa Itu Tour Guide?


Persiapan Wajib Sebelum Touring


Nah, agar touring Kamu berjalan lancar dan menyenangkan, Torch akan berikan 8 hal penting yang wajib dipersiapkan, yaitu:


1. Tentukan dan Riset Rute Perjalanan


Langkah pertama sebelum touring tentu saja menentukan rute perjalanan kamu. Pilihlah destinasi wisata yang benar-benar ingin kamu kunjungi. Setelah itu, riset rute mana saja yang akan dilewati menuju lokasi wisata tersebut. Pastikan rute yang kamu pilih aman, nyaman, dan tidak macet.


Selain itu, cari tahu juga kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas di sepanjang rute perjalananmu. Hal ini berguna agar kamu tidak tersesat dan bisa berkendara dengan aman.


Baca Juga: Mengenal Apa Itu Olahraga Rock Climbing


2. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik


Faktor kedua adalah memastikan kondisi kendaraan kamu prima sebelum touring. Hal-hal yang perlu dicek antara lain kondisi mesin, kaki-kaki mobil, tekanan angin ban, kampas rem, oli, akumulator, hingga kelengkapan surat-surat kendaraan. Semuanya harus berfungsi normal agar perjalanan lancar.


Jangan sampai ada kerusakan di tengah jalan yang bisa menghambat perjalanan touringmu. Sebaiknya lakukan servis berkala sebelum hari-H agar kendaraan benar-benar siap digunakan touring ratusan kilometer.


Baca Juga: Round Trip: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Melakukannya


3. Siapkan Kondisi Kesehatan dan Mental


Faktor selanjutnya yang tak kalah penting adalah persiapan kesehatan dan mental sebelum berangkat touring. Pastikan tubuh dalam kondisi bugar tanpa penyakit apapun agar bisa menikmati perjalanan.


Selain itu, bersihkan pikiran dari segala macam beban pikiran agar bisa rileks. Atur kondisi mental agar selalu positif dalam menghadapi apapun situasinya nanti di perjalanan. Dengan begitu, pengalaman indah touring sudah menanti!


Baca Juga: Slow Living: Pengertian, Manfaat, Tips, Serta Cara Melakukanya


4. Bawa Peralatan Darurat


Sudahkah kamu menyiapkan peralatan darurat sebelum touring? Jangan sampai lupa! Sebab, kamu tidak tahu pasti kondisi yang akan Kamu hadapi nanti di jalanan.


Beberapa peralatan darurat yang wajib dibawa antara lain obeng, dongkrak, ban cadangan, kabel accu, lampu senter, botol air minum, hingga peralatan P3K. Semuanya penting agar siap mengantisipasi jika terjadi hal tak terduga, seperti bannya kempes atau kendaraan mogok.


5. Sesuaikan Barang Bawaan


Yuk cek barang bawaan kamu! Pastikan jumlahnya pas, tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit. Barang yang dibawa juga harus disesuaikan dengan tujuan dan lama waktu touringmu.


Sebagai contoh, jika touring ke daerah dingin maka bawa jaket tebal dan sweater. Namun jika ke daerah panas, bawa topi, kacamata hitam dan sunblock saja. Atur barang bawaan dengan bijak agar muat di bagasi dan memudahkan perjalanan kamu.


Baca Juga: Glamping: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Rekomendasi Tempatnya


6. Pastikan Membawa Dokumen Berkendara


Dokumen berkendara juga jangan ketinggalan untuk dibawa touring ya Sobat. Mulai dari SIM, STNK kendaraan, hingga surat keterangan kepemilikan kendaraan perlu kamu bawa agar aman saat di perjalanan.


Dokumen-dokumen penting tersebut sangat berguna jika sewaktu-waktu ada razia di jalan. Dengan membawa kelengkapan berkas, kamu bisa dengan tenang melanjutkan perjalanan touring.


Baca Juga: Hiking: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya


7. Estimasi Biaya Perjalanan


Saatnya hitung estimasi biaya operasional yang dibutuhkan selama touring. Biaya konsumsi selama di perjalanan, biaya penginapan jika menginap, biaya tol, sampai biaya bensin perlu kamu estimasi sejak awal.


Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan rencana budget sesuai kemampuan. Tentunya dengan budget yang pas, touring jadi lebih menyenangkan tanpa tekanan finansial yang berlebihan.


Baca Juga: Open Trip: Manfaat dan Cara Melakukannya dengan Aman


8. Siapkan Alat Navigasi dan Komunikasi


Yang terakhir, siapkan pula alat navigasi dan alat komunikasi untuk memudahkan perjalananmu. Misalnya membawa peta, GPS, ponsel, powerbank dan jika perlu hotspot portabel. Dengan begitu, Kamu tidak akan kesulitan saat tersesat ataupun ingin berbagi cerita ketika sedang touring.


Nah, itulah 8 hal yang wajib Sobat persiapkan agar touring berjalan lancar dan menyenangkan! Pastikan semua sudah lengkap dipersiapkan ya sebelum memulai petualangan seru menjelajah destinasi wisatamu.


Jadi tunggu apalagi? Segera raih impian touring ke berbagai penjuru tanah air untuk menikmati pemandangan alam nan menakjubkan. Jangan lupa ajak teman atau komunitas agar touringmu semakin seru! Tetap semangat berpetualang dan jaga keselamatan di jalan ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya bersama Torch!

Back to blog

Leave a comment