image source: https://palpres.disway.id/upload/b4a693596fbeaa6343eed85b03ae54c1.jpg

Panduan Lengkap Wisata Air Terjun Lematang Indah 2024

Halo Sobat Torch! Apakah kamu sedang mencari destinasi wisata alam yang Instagramable dan menenangkan jiwa? Torch punya rekomendasi tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Lematang Indah yang berada di Palembang!


Seperti namanya, air terjun ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan memanjakan mata. Dengan ketinggian sekitar 40 meter dan debit air yang cukup deras, keindahan Air Terjun Lematang Indah ini patut Sobat Torch jadikan bucket list wisata.


Penasaran seperti apa serunya explorasi ke Air Terjun Lematang Indah? Torch sudah merangkum panduan lengkap tentang destinasi wisata alam ini, mulai dari pesona, lokasi, akses menuju lokasi, tiket masuk, hingga fasilitas dan akomodasi di sekitarnya. Yuk langsung simak saja panduan lengkap serta ulasannya berikut ini!


Pesona Air Terjun Lematang Indah


Air Terjun Lematang Indah berlokasi di Dusun Prahu Dipo, Kelurahan Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Air terjun ini merupakan salah satu spot populer yang berada di sekitar kawasan Gunung Dempo. Destinasi wisata alam ini menyuguhkan pemandangan air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter yang jatuh mengalir deras ke kolam alami.


Debit air yang cukup deras dengan gemericik khas air terjun menjadikan Air Terjun Lematang Indah punya pesona tersendiri. Apalagi dikelilingi view pegunungan dan hutan yang hijau, makin memanjakan mata saat berada di lokasi.


Lembutnya gemericik air dan indahnya panorama alam bikin kamu betah berlama-lama menghabiskan waktu di Air Terjun Lematang Indah, Sobat!


Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam Solo yang Asri


Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Lematang Indah


Secara administratif, Air Terjun Lematang Indah masuk ke wilayah Dusun Prahu Dipo, Kelurahan Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Lokasinya berada di kawasan Gunung Dempo, sekitar 7 kilometer dari kawasan Villa Gunung Gare.


Untuk menuju lokasi Air Terjun Lematang Indah, Sobat Torch dapat melalui Pagaralam dengan jarak tempuh sekitar 20 menit saja menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Dari Pagaralam, kamu akan melalui beberapa objek wisata di sekitar Gunung Dempo seperti Taman Bunga yang terkenal sebagai wisata edukasi favorit keluarga. Kemudian, kamu akan melalui jalan yang cukup berkelok-kelok dan curam saat memasuki daerah Lematang. Walaupun jalur yang dilalui ukup sulit, namun hal tersebut akan terbayarkan dengan indahnya view di sekitarnya. Hamparan pohon-pohon yang asri, serta bukit dan tebing batu yang menjulang tinggi memberikan nuansa yang tenang dan sejuk.


Setelah kamu memasuki daerah Lematang, Sobat Torch akan menjumpai sungai yang berada di bawah jembatan. Kamu tinggal memarkir kendaraan di sekitar daerah sana, kemudian melakukan trekking menyusuri alur sungai tersebut untuk sampai ke Air Terjun Lematang Indah.


Baca Juga: Rekomendasi Wisata Alam Semarang yang Wajib Didatangi


Harga Tiket dan Jam Operasional Air Terjun Lematang Indah


Berapa sih ongkos yang harus Sobat Torch keluarkan buat menikmati keindahan alam Air Terjun Lematang Indah? Tenang, akses masuk ke destinasi wisata ini terbilang cukup terjangkau kok. 


Kamu cukup membayar Rp4.000/orang agar bisa memasuki destinasi wisata indah yang satu ini. Sedangkan untuk biaya parkir motornya adalah Rp2.000/motor dan untuk mobil sekitar Rp5.000/mobil.


Lokasi Air Terjun Lematang Indah buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 WIB. Jadi pastikan Sobat Torch berkunjung pada rentang waktu tersebut agar bisa menikmati keindahan air terjun ini ya!


Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Labuan Bajo untuk Liburan


Fasilitas dan Akomodasi Sekitar Air Terjun Lematang Indah


Karena terbilang sudah cukup lama dan ramai, fasilitas rekreasi di Air Terjun Lematang Indah ini cukup memadai. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung antara lain:


  • Gazebo untuk beristirahat
  • Toilet umum
  • Area parkir kendaraan
  • Penginapan di daerah sekitarnya

Seiring perkembangan tempat wisata kedepannya, fasilitas rekreasinya dipastikan akan semakin lengkap dan memadai.


Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi


Untuk akomodasi, ada beberapa penginapan murah dan villa desa yang bisa Sobat Torch sewa. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu:


  • Villa Wisata: Mulai dari Rp 1.000.000/malam
  • Hotel Wisata: Mulai dari Rp 300.000/malam
  • Hotel Dempo: Mulai dari Rp 250.000/malam
  • Villa Eks MTQ: Mulai dari Rp 800.000/malam
  • Mes Remaja: Mulai dari Rp 660.000/malam

Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!


Nah, itu dia ulasan lengkap tentang Air Terjun Lematang Indah dari Torch sebagai rekomendasi tempat wisata alam wajib kunjung. Jangan lupa penuhi memori kamera dengan background air terjun dan hutan pinus yang kece.


Tetap jaga dan lestarikan keindahan alam ya, Sobat. Biar Air Terjun Lematang Indah tetap terjaga pesona indah dan keasriannya. Tunggu info destinasi wisata seru lainnya dari Torch!

Back to blog

Leave a comment