Panduan Wisata Seru di Air Terjun Sarasah Tahun 2024

Panduan Wisata Seru di Air Terjun Sarasah Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Sudah punya rencana liburan seru di tengah padatnya aktivitas? Torch akan membagikan salah satu destinasi wisata alam di Padang, Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Sarasah. Air terjun nan memukau ini menawarkan pesona alam yang menakjubkan di balik gedung-gedung tinggi kota. Siapkan diri kalian, karena petualangan menanti di balik kabut dan gemuruh air terjun yang mengagumkan melalui artikel Torch berikut ini!


Pesona Air Terjun Sarasah


Menjulang tinggi di antara pepohonan hijau nan lebat, Air Terjun Sarasah menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Padang. Terjun dari ketinggian sekitar 40 meter dengan debit air yang cukup deras dan memiliki 7 tingkatan, pemandangan air terjun ini benar-benar menawan. Kilau embun serta suara gemuruh yang mengiringi membuat suasana di sekitar area air terjun terasa sangat menyegarkan.


Selain keindahan air terjunnya, kawasan ini juga dikelilingi oleh hamparan perkebunan milik warga sekitar yang membentang serta perbukitan yang menambah pesona alamnya. Di sana kamu bisa menikmati udara sejuk khas pegunungan yang menyehatkan. Tak heran jika Air Terjun Sarasah kerap dikunjungi oleh para pelancong untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.


Baca Juga: Eksplorasi Keindahan Air Terjun Bidadari Tahun 2024


Aktivitas Seru di Air Terjun Sarasah


Selain memiliki pesona alami yang sangat indah, di Air Terjun Sarasah kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sekitar lokasinya, seperti:


1. Berendam di Kolam Alami 

pemandangan kolam air terjun sarasah

Di bawah gemuruh air terjun yang menjulang tinggi, terdapat kolam alami dengan air yang sangat jernih. Kalian bisa berendam dan menikmati kesejukannya setelah menempuh perjalanan. Rasakan sensasi air terjun yang mengguyur tubuh sambil berlama-lama di kolam ini. Dijamin bisa menyegarkan badan dan pikiran!


2. Trekking 


Kawasan sekitar air terjun ini dikelilingi oleh hamparan perkebunan dan perbukitan yang asri. Jalur trekking yang tersedia memungkinkan kalian untuk menjelajahi keindahan alam pedesaan yang masih sangat alami. Trek ringan melewati ladang, sungai kecil, hingga hamparan hijau membentang akan menemani langkah kalian. Aktivitas trekking ini cocok untuk penggemar hiking dan petualang sejati yang ingin lebih dekat dengan suasana alam pegunungan.


3. Berkemah


Untuk memperpanjang waktu menikmati suasana hening di sekitar air terjun, Sobat Torch bisa mencoba berkemah di area yang telah disediakan. Kemah kalian di bawah gemerlap bintang sambil mendengar gemuruh air terjun. Sensasinya pasti akan terasa sangat berbeda dan menjadikan liburan kamu jauh lebih berkesan! Bagi Sobat Torch yang hobi berkemah, aktivitas ini sangat direkomendasikan untuk dicoba di Air Terjun Sarasah.


Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung dengan Suasana Asri


Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Sarasah


Air Terjun Sarasah berlokasi di pedalaman hutan Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa melalui pusat Kota Padang dengan jarak tempuh sekitar 17 km atau sekitar 40 menit perjalanan darat. Sobat Torch dapat menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan beroda dua maupun empat. Namun, Torch sarankan untuk menggunakan kendaraan beroda dua agar perjalanan lebih lancar, karena akses yang dilalui nantinya akan menjadi cukup terjal.


Untuk rutenya sendiri, dari pusat Kota Padang, Sobat Torch hanya perlu mengambil jalur menuju Jalan Koto Baru. Dari Jl. Koto Baru, kamu tinggal lurus saja mengikuti alur jalan hingga menemui posko sebelum jembatan kayu berwarna hijau. Kemudian, kamu akan memarkirkan kendaraan di sekitar posko tersebut dan berjalan kaki melalui hutan dan perkebunan warga sekitar. 


Akses menuju ke lokasi juga tidak terlalu sulit karena sudah ada jalur setapaknya. Tinggal menyusuri jalan tersebut atau mengikuti arus aliran sungai dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dan kamu akan sampai di Air Terjun Sarasah. Walaupun cukup melelahkan, namun di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan oleh pemandangan asri perbukitan dan udaranya yang segar!


Baca Juga: Eksplorasi Keindahan Air Terjun Tiu Kelep Tahun 2024


Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata di Air Terjun Sarasah


Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Sarasah, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang dan Rp2.000 untuk parkir motor. Fasilitas yang tersedia di sekitar lokasi ini mungkin terbilang belum cukup memadai. Beberapa fasilitasnya adalah lahan parkir, warung makan yang menjual makanan dan minuman khas setempat, tempat ibadah, serta toilet umum, meski kondisinya masih sederhana.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!


Baca Juga: Keindahan Pulau Pagang dan Rekomendasi Aktivitasnya


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Fujisawa 45 Liter

tas travel fujisawa dari torch

Travel Backpack Fujisawa 45 Liter ini sangat cocok digunakan untuk dibawa traveling karena mampu muat banyak barang. Tidak hanya itu, tas ini juga menyediakan berbagai fitur inovatif yang pastinya akan membuat perjalanan traveling Sobat Torch menjadi lebih nyaman dan praktis!

List fitur dari Fujisawa 45+3 Liter:

  • Dilengkapi 270 zipper, ritsleting yang sangat lebar untuk memudahkan mengatur barang bawaan
  • Dilengkapi kompartemen khusus untuk laptop terpisah dengan Suspension System yang berfungsi melindungi laptop dari goncangan. Sehingga Sobat Torch tidak perlu takut melakukan traveling sambil bekerja
  • Terdapat kompartemen tambahan 3 Liter dengan fitur roll top.
  • Ddengan dimensinya besar tas ini tetap muat dalam kabin pesawat/kereta api, sehingga dapat memudahkan Sobat Torch membawanya dari moda transportasi yang satu ke yang lain.
  • Dilengkapi Air Bender Foam Back System untuk mencegah panas saat dipakai dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Shale Black, Navy, Castlerock Grey
  • Dimensi: 32cm x 60cm x 22cm

 

2. Kashiwa Foldable Bag 19+2 Liter

tas kashiwa foldable dari torch

Backpack unik yang bisa dilipat, cocok untuk dipakai traveling. Tas ini bisa menjadi alternatif untuk membawa barang tambahan seperti perbekalan saat traveling. Selain itu foldable bag Kashiwa cocok pula untuk dipakai saat berlibur.

List fitur Kashiwa Foldable Bag 19+2 Liter:

  • Bahannya terbuat dari Duralite Nylon yang sudah 2x lebih kuat, 30% lebih ringan, dan tentunya sudah water repellent.
  • Praktis karena dapat dilipat kecil, sehingga kamu bisa pakai tas ini untuk alternatif tambahan barang bawaan.
  • Dilengkapi kompartemen khusus untuk tempat botol minum sehingga kamu tidak dehidrasi lagi.
  • Bisa muat lebih banyak karena tas ini dapat dilebarkan ke atas
  • Varian warna: Grey, Black, Everglade Tosca, dan Sycamore Green
  • Dimensi tas: 30cm x 15cm x 45cm

 

3. Orde Foldable Backpack

tas orde foldable dari torch

Backpack untuk jadi tambahan tas saat bepergian? Voila! Tas ini bisa kamu lipat dan simpan di dalam tas utama. Lalu buka lipatan tas saat kamu butuh tas tambahan.

List fitur Orde Foldable Backpack:

  • Bentuk tasnya jadi kecil saat dilipat, jadi hemat tempat saat disimpan dalam tas. Kamu juga bisa simpan di kendaraan kamu.
  • Pengen liburan tapi banyak bawaan? Pake tas Orde Foldable Bag aja. Lebih praktis juga untuk siap siaga sebagai tas tambahan tiap dibutuhkan.
  • Saku sampingnya bisa dimanfaatkan untuk simpan botol minum dengan ukuran maksimal 750ml. Lebih aman juga karena tersedia resleting di sakunya.
  • Simpan barang jadi lebih mudah dan tertata di saku bagian depan. Di dalam saku depannya juga terdapat saku lagi untuk menyimpan barang-barang lainnya lebih rapi.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air.
  • Varian warna: Black dan Olive
  • Dimensi tas: 26cm x 37cm x 10cm

Itulah panduan lengkap dari Torch dalam menjelajahi pesona alam Air Terjun Sarasah di Padang. Keindahan alamnya yang memukau, dipadukan dengan beragam aktivitas seru seperti mandi di kolam alami, tracking, berkemah dan lainnya, pasti akan membuat liburan Sobat Torch kali ini terasa lebih istimewa. Tak perlu ragu lagi, rencanakan kunjungan ke sana dan nikmati momen berlibur yang sejuk dan menyegarkan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sampai jumpa di artikel petualangan wisata selanjutnya dari Torch!

Back to blog

Leave a comment