image source: https://www.water-sport-bali.com/wp-content/uploads/2014/04/Gili-Trawangan-Feature-Image.jpg

Wisata Gili Trawangan 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Halo Sobat Torch! Pernahkah kamu mendengar tentang Gili Trawangan? Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia sepanjang tahun 2023 lho! Gili Trawangan ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat laut Lombok, Nusa Tenggara Barat.


Dengan pasir putih, air laut biru jernih, serta pemandangan bawah lautnya yang eksotis, tidak heran bila Gili Trawangan menjadi surganya para traveler. Namun, tahukah Sobat Torch bahwa selain menikmati pesona alam, di Gili Trawangan kamu juga bisa menikmati beragam aktivitas seru lainnya lho.


Oleh karena itu, Torch akan membagikan informasi lengkap seputar lokasi dan geografi Gili Trawangan, beragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, serta perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk berwisata di Gili Trawangan pada 2024 ini. Jadi, yuk simak terus ulasan Torch berikut ini sampai habis ya, Sobat Torch!


Lokasi dan Geografi Gili Trawangan


Secara geografis, Gili Trawangan terletak di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gili Trawangan yang memiliki luas sekitar 340 hektar ini, merupakan pulau terbesar di antara tiga Pulau Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air). 


Untuk mencapai Gili Trawangan, kamu bisa menggunakan private speedboat atau public boat yang dapat menampung sekitar 50 orang dari Pelabuhan Bangsal. Perjalanan menggunakan private speedboat dapat memakan waktu sekitar 15-30 menit dan biaya mulai dari Rp120.000/orang. Sedangkan perjalanan menggunakan public boat akan memakan waktu tempuh sekitar 30 menit dan biaya mulai dari Rp25.000/orang.


Kondisi tanah Gili Trawangan terdiri dari pasir putih dengan sedikit vegetasi. Sebagian besar wilayahnya juga dikelilingi oleh terumbu karang. Pemandangan bawah lautnya pun terbilang cukup eksotis karena banyak terdapat biota laut seperti ikan badut, penyu, dan aneka terumbu karang yang masih asri.


Di Gili Trawangan sendiri terdapat fasilitas penginapan dan restoran yang cukup memadai. Selain itu, sejumlah bar dan klub malam juga hadir untuk menemani malam-malam kamu di Gili Trawangan.


Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam Solo yang Asri


Beragam Aktivitas Seru di Gili Trawangan


Nah, setelah mengetahui lokasi dan geografi Gili Trawangan, sekarang Torch akan membagikan info seputar aktivitas seru apa saja yang bisa kamu lakukan ketika berwisata ke Gili Trawangan.


1. Snorkeling dan Diving

dua orang sedang melakukan snorkeling

Aktivitas wajib yang sayang untuk dilewatkan adalah snorkeling dan diving. Dengan kondisi bawah laut Gili Trawangan yang eksotis, snorkeling dan diving di sini benar-benar akan menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan.


Atau jika ingin lebih seru lagi, kamu juga bisa mencoba sea walking. Berjalan di dasar laut dengan memakai helm khusus yang dihubungkan dengan tabung oksigen di atas permukaan air. Sensasi berjalan mengelilingi dunia bawah lautnya benar-benar pengalaman yang luar biasa!


Baca Juga: Rekomendasi Wisata Alam Semarang yang Wajib Didatangi


2. Melihat Sunset dan Sunrise

sunset di gili trawangan

Jangan lewatkan momen sunset dan sunrise di Gili Trawangan ya, Sobat Torch! Torch menjamin, pemandangan matahari terbenam dan terbit dari Gili Trawangan bakal jadi momen paling romantis, apalagi jika dinikmati berdua dengan pasangan.


Beberapa tempat populer untuk bersantai menikmati sunset dan sunrise antara lain di Bukit Gili Trawangan, Ombak Sunset Hotel, dan bagian barat daya Gili Trawangan. Sobat Torch juga bisa naik perahu keliling Gili Trawangan sambil menikmati pemandangan senja yang memukau.


So, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan mengabadikan momen romantis ini. Nikmati liburan sekaligus dapatkan foto kece untuk diunggah ke medsos!


3. Berswafoto

jembatan ponte villas

Selain momen sunset dan sunrise, sebenarnya sepanjang hari pun kamu bisa mengabadikan momen indah bersama pasangan, teman, maupun keluarga di Gili Trawangan.


Pasalnya, hampir di setiap sudut Gili Trawangan Sobat Torch bisa menemukan spot foto yang kece dan instagenic. Mulai dari pantai, jembatan ponte villas, pemandangan alamnya yang eksotik hingga kapal nelayan yang berwarna-warni.


Bahkan kamu juga bisa berfoto underwater dengan latar belakang terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Pokoknya seru dan eksotis banget deh!


Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata Medan yang Wajib Dikunjungi


4. Bersepeda Keliling Pulau

orang orang sedang bersepeda dan berkuda di tepi pantai gili trawangan

Kalau bosan jalan kaki mengelilingi pulau, naik sepeda juga bisa jadi alternatif serunya. Sobat Torch bisa menyewa sepeda dan berkeliling pulau Gili Trawangan sambil menikmati suasana pulau yang asri dan sejuk.


Harga sewa sepeda di Gili Trawangan rata-rata adalah Rp10.000/jam atau kalau Sobat Torch ingin lebih hemat lagi bisa menyewa dengan harga Rp50.000/hari. Lumayan murah dan hemat untuk opsi transportasi selama liburan di Gili Trawangan.


Selain itu bersepeda juga bikin badan lebih bugar dan sehat. Ditambah udara Gili Trawangan yang masih segar dan sejuk, bikin kayuh sepedanya tambah enjoy. Pokoknya seru dan asyik banget deh berkeliling di Gili Trawangan menaiki sepeda. Jangan lupa juga bawa minuman ya, biar kayuh sepedanya tambah semangat.


5. Wisata Kuliner

dinner di tepi pantai gili trawangan

Setelah puas menjelajah dan beraktivitas, saatnya berburu kuliner lezat di Gili Trawangan. Tenang, meski luasnya gak seberapa, Gili Trawangan menyimpan deretan kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Dari street food, kafe modern, hingga restoran dan bar kelas atas ada di sini.


Kebanyakan resto dan kafe terkonsentrasi di sepanjang pantai barat dan selatan Gili Trawangan. Jadi kamu bisa berjalan kaki sambil melihat-lihat destinasi makan yang kece-kece. Beberapa rekomendasi tempat makan favorit di Gili Trawangan antara lain Ko-Ko-Mo Restaurant, Pasar Malam Gili Trawangan, Warung Sasak, dan Warung Dewi. 


Nah, apa Sobat Torch sudah puas menjelajahi Gili Trawangan lewat aktivitas-aktivitas tersebut? Aktivitas dan destinasi wisatanya seru-seru kan? Sekarang, saatnya cek perkiraan budget yang harus kamu siapin untuk liburan di Gili Trawangan.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Labuan Bajo untuk Liburan


Perkiraan Biaya Wisata Gili Trawangan


Secara keseluruhan, Torch memperkirakan biaya wisata Gili Trawangan dalam sehari sekitar Rp500.000 - Rp1.000.000/orang. Ini sudah termasuk biaya akomodasi, transportasi, makan, dan aktivitas wisata. Rincian perkiraan biayanya sebagai berikut:

Tiket Public Boat (Pelabuhan Bangsal - Gili Trawangan): Rp25.000/orang

Biaya Penginapan: mulai dari Rp200.000/malam (hostel) - Rp 2.500.000/malam (villa)

Biaya Makan: kisaran Rp70.000 - Rp300.000/hari

Biaya Transportasi (Sepeda): Rp50.000/hari,
Biaya Snorkeling: Rp150.000 - Rp200.000/orang (opsional)

Biaya Diving: mulai dari Rp800.000/orang (opsional), dan biaya lainnya


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!


Nah, kira-kira begitulah perkiraan budget wisata ke Gili Trawangan versi Torch. Bagaimana, tertarik untuk segera packing dan berangkat ke Gili Trawangan?


Pesona alam Gili Trawangan yang eksotis, ditambah aktivitas seru snorkeling, view sunset dan sunrise-nya, hingga kulineran keliling pulau, pasti bikin siapapun ingin segera kesana kan? Apalagi dengan harga tiket dan penginapannya yang terbilang cukup terjangkau.


Jadi, tunggu apalagi Sobat? Segera rencanakan liburan impianmu ke Gili Trawangan. Siapkan budget, packing barang bawaan, dan jangan lupa abadikan momen seru liburanmu.


Selamat berwisata ria! Semoga informasi dari Torch ini bisa memudahkan perjalanan wisata kamu ke Gili Trawangan. Sampai jumpa di artikel Torch yang lainnya ya. Happy traveling and safe trip Sobat Torch!
Back to blog

1 comment

Dapatkan Info terkait pendaftaran beasiswa Telkom University Jakarta dapat dilihat melalui laman
Telkom University Jakarta

rini

Leave a comment