image source: https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-o/16/89/9c/27/air-manis-beach.jpg?w=1200&h=1200&s=1

Wisata Pantai Air Manis 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya

Hai Sobat Torch! Siapa di antara kalian yang sudah tidak sabar untuk merencanakan liburan tahun ini? Jika sedang mencari destinasi wisata Padang yang memanjakan mata dan menghadirkan serunya petualangan, Pantai Air Manis pasti akan memenuhi kriteria idaman liburanmu!


Pantai Air Manis menawarkan pesona alam yang memukau. Dengan pasir coklat keputihannya yang lembut, air laut jernih, dan spot-spot instagramable yang memikat, pantai ini sudah menjadi primadona bagi para pelancong. Namun, ada lebih dari sekadar keindahan alamnya saja. Sejarah dan serangkaian aktivitas seru juga menantimu di Pantai Air Manis!


Torch akan membagikan panduan lengkap mengenai Pantai Air Manis untuk membantu Sobat Torch memetakan rencana liburan sempurna. Mulai dari aktivitas wajib dicoba, lokasi, rute menuju ke sana, fasilitas sekitar, perkiraan biaya, hingga tips-tips berwisata. 


Siapkan peta dan daftar liburanmu, karena Torch akan membawamu menjelajahi seluk-beluk Pantai Air Manis lebih dekat melalui artikel berikut ini! 


Aktivitas Seru di Pantai Air Manis


Datang ke Pantai Air Manis tak lengkap rasanya tanpa menikmati keseruan aktivitas di sana. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang dapat Sobat Torch ;lakukan di Pantai Air Manis: 


1. Berkunjung ke Pulau Pisang 

pulau pisang dari kejauhan

Pulau Pisang adalah sebuah pulau kecil nan cantik yang berjarak 2 km atau sekitar 15 menit dari Pantai Air Manis menggunakan perahu nelayan. Dengan pasir yang lembut dan air laut jernih, pulau ini menjadi surga tersembunyi yang wajib Sobat Torch kunjungi untuk menghabiskan waktu berjemur dan berenang untuk melihat keindahan di sekitar pulau. Jangan lupa membawa bekal makanan ringan untuk dinikmati di Pulau Pisang!


Baca Juga: Wisata Pantai Dewi Mandapa 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


2. Berswafoto di Batu Malin Kundang 

anak kecil berfoto dengan batu malin kundang

Tak lengkap rasanya mengunjungi Pantai Air Manis tanpa berswafoto di Batu Malin Kundang, formasi batu berbentuk seorang manusia bersujud yang ikonik. Menurut legenda setempat, batu ini dulunya seorang putra yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada ibunya. Dengan latar batu berbentuk manusia ini, Sobat Torch bisa mengabadikan momen dengan gaya foto yang seru dan keren!


Baca Juga: Wisata Pantai Tanjung Aan 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


3. Bersantai dan Menikmati Pemandangan 

pemandangan pantai air manis dari ketinggian

Setelah puas bereksplorasi, luangkan waktu untuk bersantai menikmati keindahan Pantai Air Manis. Duduk di atas hamparan pasir lembut sambil memandangi ribuan kilometer luasnya samudera di depan mata. Tenang, damai, dan menenangkan jiwa. Nikmati semilir angin laut yang menerpa wajah sambil menyeruput minuman segar, bersantai di bawah payung, atau menikmati kudapan ringan. Inilah momen terbaik untuk mengisi ulang energi setelah beraktivitas seharian.


Baca Juga: Wisata Pantai Duta Wisata 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


4. Bermain ATV

beberapa orang bermain ATV di tepi pantai air manis

Bagi Sobat Torch yang suka petualangan dan tantangan, mencoba berkendara ATV di sepanjang garis pantai pasti sangat mengasyikkan. Merasakan semburan angin dan semprotan pasir saat memacu kendaraan di atas jalanan berpasir. Ada banyak layanan rental ATV dengan tarif terjangkau di sekitar area pantai.


5. Menikmati Pemandangan Sunset 

sunset di pantai pasir manis

Salah satu momen paling ditunggu saat berwisata ke Pantai Air Manis adalah menanti terbenamnya matahari di ufuk barat. Semburan jingga kemerahan yang memantul indah di permukaan air laut menjadi pertunjukan alam yang memukau. Nikmati keheningan dan kemegahan sunset bersama orang-orang tersayang untuk mengakhiri hari dengan cara paling romantis. Dijamin Sobat Torch akan terpesona!


Baca Juga: Wisata Pantai Klara 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Lokasi dan Rute ke Pantai Air Manis


Pantai Air Manis merupakan salah satu destinasi wisata di Padang yang terletak di wilayah selatan Kota Padang, tepatnya di balik bukit gado-gado dan gunung Padang. Untuk mencapai Pantai Air Manis, Sobat Torch hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 13,3 km dari pusat Kota Padang atau sekitar 29 menit saja lho! Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi lainnya seperti travel atau bus pariwisata. Aksesnya juga cukup mudah.


Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, kamu hanya perlu mengikuti Jalan By Pass atau Jalan Lintas Barat Sumatera yang mengarah ke Bengkulu atau Painan. Setelah itu, masuk ke Jalan Tj. Priuk. Dari Jalan Tj. Priuk kamu hanya perlu lurus mengikuti jalan melewati Jalan Tlk. Bayur, Jl. Bukit Peti-Peti, Jl. Bukit Gado-gado, dan akhirnya sampai di Jl. Pantai Air Manis. Di Jalan Pantai Air Manis, kamu hanya perlu mengikuti rambu yang mengarah ke Pantai Air Manis dan sampailah kamu di pantai tersebut!


Baca Juga: Wisata Pantai Sari Ringgung 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Fasilitas dan Akomodasi di Pantai Air Manis


Di sekitar Pantai Air Manis, tersedia beragam fasilitas wisata yang cukup lengkap mulai dari kamar mandi, tempat parkir kendaraan, area bermain anak-anak, warung makan, hingga tempat penginapan yang dapat menyesuaikan budget-mu. 


Sobat Torch akan menemui banyak warung makan yang menyediakan aneka makanan seafood seperti ikan bakar, cumi goreng tepung, udang asam manis, olahan kepiting, dan lainnya yang menggunakan bumbu khas Padang yang nikmat! Harga rata-ratanya juga cukup terjangkau yaitu, dimulai dari Rp30.000.


Selain itu, juga tersedia banyak penginapan di sekitarnya seperti Air Manis Secret Surfcamp, Air Manis Hill Residence, The View - Guest House, Imelda Resort, dan lainnya. Harganya juga dapat menyesuaikan mulai dari Rp250.000/malam.


Baca Juga: Rekomendasi Outfit ke Pantai yang Nyaman dan Stylish


Perkiraan Biaya Liburan di Pantai Air Manis


Untuk mengkalkulasi budget liburan, berikut perkiraan biaya yang mungkin dibutuhkan Sobat Torch:

  • Biaya transportasi: Mulai dari Rp50.000 menggunakan kendaraan pribadi
  • Tiket masuk dewasa: Rp15.000/orang
  • Tiket masuk anak: Rp5.000/orang
  • Harga penginapan: Mulai dari Rp250.000/malam
  • Biaya makan: Mulai dari Rp120.000/hari
  • Sewa ATV: Rp100.000/jam

Perkiraan biaya tersebut dapat berubah-ubah menyesuaikan musim dan jangka waktu dikedepannya. Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!


Baca Juga: Wisata Pantai Senggigi 2024: Aktivitas, Lokasi, dan Biaya


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Fujisawa 45+3 Liter

tas traveling fujisawa dari torch

Travel Backpack Fujisawa 45 Liter ini sangat cocok digunakan untuk dibawa traveling karena mampu muat banyak barang. Tidak hanya itu, tas ini juga menyediakan berbagai fitur inovatif yang pastinya akan membuat perjalanan traveling Sobat Torch menjadi lebih nyaman dan praktis!

List fitur dari Fujisawa 45+3 Liter:

  • Dilengkapi 270 zipper, ritsleting yang sangat lebar untuk memudahkan mengatur barang bawaan
  • Dilengkapi kompartemen khusus untuk laptop terpisah dengan Suspension System yang berfungsi melindungi laptop dari goncangan. Sehingga Sobat Torch tidak perlu takut melakukan traveling sambil bekerja
  • Terdapat kompartemen tambahan 3 Liter dengan fitur roll top.
  • Ddengan dimensinya besar tas ini tetap muat dalam kabin pesawat/kereta api, sehingga dapat memudahkan Sobat Torch membawanya dari moda transportasi yang satu ke yang lain.
  • Dilengkapi Air Bender Foam Back System untuk mencegah panas saat dipakai dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Shale Black, Navy, Castlerock Grey
  • Dimensi: 32cm x 60cm x 22cm

 

2. Takahagi 40 Liter

tas travel takahagi dari torch

Travel Backpack dengan ukuran yang besar, tapi tetap cabin friendly untuk di pesawat atau kereta api. Bisa muat banyak barang untuk traveling 1 minggu, lengkap dengan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para traveler untuk perjalanan yang lebih praktis dan nyaman.

List fitur dari Takahagi 40 Liter:

  • Bahannya terbuat dari Duralite Nylon yang sudah 2x lebih kuat, 30% lebih ringan, dan tentunya sudah water repellent serta diberikan rain cover tambahan.
  • Dilengkapi 270 zipper, ritsleting yang sangat lebar untuk memudahkan mengatur barang bawaan
  • Dilengkapi kompartemen khusus untuk laptop terpisah dengan ukuran laptop fit 16” dan Suspension System yang berfungsi melindungi laptop dari goncangan
  • Dimensi besar namun tetap muat dalam kabin pesawat/kereta api
  • Dilengkapi Air Bender Foam Back System untuk mencegah panas saat dipakai
  • Dilengkapi Trolley Strap untuk mengikatkan tas pada troli koper
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 30cm x 19cm x 50cm

 

3. Kanzaki 30 Liter

tas travel kanzaki dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

Itulah panduan lengkap dari Torch mengenai Pantai Air Manis, salah satu destinasi wisata terpopuler di Padang, Sumatera Barat. Dengan pesona alamnya yang menawan, serangkaian aktivitas seru, serta fasilitas memadai, pantai ini layak masuk dalam daftar liburan Sobat Torch tahun ini.


Torch berharap dengan begitu banyak informasi yang dbagikan, dari sejarah sampai tips berwisata, Sobat Torch bisa lebih mudah merencanakan jadwal, budget, serta segala kebutuhan untuk liburan impian di Pantai Air Manis nanti. Jangan lupa membagikan pengalaman liburan kalian juga ya!


Nikmati semua keindahan dan keseruan yang ditawarkan Pantai Air Manis. Buat liburan kalian semakin berkesan dengan memori indah bersama orang-orang tersayang. Sampai jumpa di artikel destinasi wisata lainnya!

Back to blog

Leave a comment