image source: https://i0.wp.com/langgam.id/wp-content/uploads/2022/03/Lubuk-Paraku.jpg?resize=1200%2C860&ssl=1

Panduan Wisata Pemandian Lubuk Minturun Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Kamu sedang mencari destinasi wisata Padang yang masih alami dan menyegarkan? Jika iya, Torch ingin membagikan sebuah tempat istimewa yang wajib kamu kunjungi di Kota Padang, yaitu Pemandian Lubuk Minturun. Tempat ini adalah surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam luar biasa, dengan kolam pemandian jernih yang dikelilingi perbukitan hijau nan memesona.


Tak hanya pemandangan memukau, Pemandian Lubuk Minturun juga menyimpan sejarah menarik yang akan membuat liburan kamu semakin berkesan. Torch akan berikan informasi dan panduan lengkap seputar daya tarik, lokasi, rute, biaya, dan fasilitas di Pemandian Lubuk Minturun. Penasaran apa saja informasinya? Yuk, simak artikel berikut ini sampai habis ya!


Baca Juga: 12 Rekomendasi Destinasi Wisata Bali Populer untuk Temani Liburanmu


Daya Tarik Pemandian Lubuk Minturun 


Pemandian Lubuk Minturun adalah objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, disalah satu titik aliran air sungai Batang Kandis. Tempat ini menawarkan keindahan alami berupa kolam pemandian dengan air jernih dan sejuk yang bersumber dari mata air pegunungan. Selain itu, pemandangan alamnya yang memanjakan mata, hamparan perbukitan hijau, dan suasana sejuknya yang menenangkan akan membuat pikiran menjadi damai dan tubuh menjadi rileks. Cocok banget sebagai tempat healing jauh dari hiruk pikuk perkotaan.


Sejarah singkat mengungkapkan bahwa Pemandian Lubuk Minturun sudah ada sejak zaman dulu, tepatnya sebagai tempat mandi nona-nona Belanda. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya monumen yang berukir kata “Diboeka 8-4-1883 & oleh penghoeloe - Achin”. Namun, baru pada tahun 2000-an tempat ini mulai dikelola dan dibenahi fasilitasnya untuk menjadi objek wisata alam yang menarik bagi masyarakat luas.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi


Lokasi, Rute, dan Akses ke Pemandian Lubuk Minturun 


Untuk mencapai Pemandian Lubuk Minturun, kamu dapat menggunakan jalur darat menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Aksesnya juga cukup mudah, yaitu dari Kota Padang kamu hanya perlu mengikuti Jalan ByPass menuju ke Jalan Bagindo Aziz chan. Tetap berada di jalan tersebut hingga kamu mencapai perempatan dengan Nayya Car Wash sebagai patokan kemudian belok ke kanan memasuki Jalan Lubuk Minturun. Kemudian, kamu hanya perlu lurus terus mengikuti jalan dan tinggal mengikuti marka pemberitahuan Pemandian Lubuk Minturun. Pemandian tersebut akan berada di sisi kiri jalan. Cukup mudah bukan sob?


Alamat Lengkap: Desa Lubuk Minturun, Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat


Baca Juga: 10 Rekomendasi Destinasi Wisata Lampung untuk Temani Liburan


Harga Tiket, Jam Operasional, dan Fasilitas di Pemandian Lubuk Minturun


Untuk menikmati keindahan Pemandian Lubuk Minturun, kamu perlu untuk membayar tiket masuk maupun parkir dengan rincian sebagai berikut:

Tiket Masuk: Rp5.000/orang
Tiket Parkir Motor: Rp3.000/motor
Tiket Parkir Mobil: Rp5.000/mobil

 

Harga tiket tersebut sudah termasuk fasilitas yang disediakan, meliputi:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar ganti/bilik untuk berganti pakaian
  • Toilet/kamar mandi umum
  • Gazebo dan area bersantai
  • Warung makan dan minum

Jam operasional Pemandian Lubuk Minturun mulai dari pukul 07.00-17.30 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi atau sore hari, ketika cuaca tidak terlalu terik.


Agar kunjungan kamu menyenangkan, pastikan untuk mematuhi peraturan dengan tidak mengotori area pemandian, tidak membawa makanan/minuman keras, serta tidak melakukan aktivitas yang mengganggu kenyamanan pengunjung lain.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan!


Baca Juga: 10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Palembang Tahun 2024


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Itulah informasi lengkap mengenai Pemandian Lubuk Minturun, sebuah destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi di dekat Kota Padang. Dengan keindahan alamnya yang memukau, fasilitas memadai, dan akses yang mudah dijangkau, tempat ini menjadi pilihan sempurna untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.


Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati suasana sejuk dan menenangkan di Pemandian Lubuk Minturun. Rencanakan liburan kamu sekarang juga, dan jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang berlaku agar pengalaman liburan kamu menjadi lebih menyenangkan.


Torch berharap artikel ini dapat membantu sobat dalam merencanakan liburan ke Pemandian Lubuk Minturun. Selamat berlibur dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan di tempat ini!

Back to blog

Leave a comment