image source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2021/04/24/pura-luhur-uluwatu-bali.jpeg?w=1200

Panduan Lengkap Wisata Pura Uluwatu Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Siapa sih yang tidak kenal Pulau Bali dengan pesona alamnya yang memukau? Bali memang surganya destinasi wisata, baik untuk pelancong domestik maupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata di Bali yang paling ikonik adalah Pura Uluwatu yang terletak di ujung barat daya pulau. Megahnya bangunan pura yang berdiri kokoh di atas tebing karang seolah menyatu dengan deburan ombak samudra menjadikannya objek wisata super instagramable!


Sebelum merencanakan kunjungan ke Pura Uluwatu, ada baiknya Sobat Torch simak terlebih dahulu panduan lengkapnya dari Torch. Dengan persiapan matang, liburan ke Pura Uluwatu pasti bakal jadi pengalaman tak terlupakan!


Sejarah dan Daya Tarik Pura Uluwatu


Pada awalnya, Pura Uluwatu dibangun untuk memuja Empu Kuturan di abad ke-11 yang merupakan seorang pendeta suci yang banyak mendirikan pura di Bali dan menurunkan ajaran Desa Adat. Kemudian ada juga sumber lain yang berkata bahwa Pura Uluwatu dibangun oleh Dang Hyang Nirartha, yaitu seorang pendeta suci yang berasal dari Jawa Timur. Dang Hyang Nirartha diperkirakan datang ke Bali pada tahun 1546 Masehi di masa pemerintahan Dalem Waturenggong untuk melakukan perjlanan spiritual. Kemudian diakhir perjalanannya, Dang Hyang Nirartha memutuskan untuk melakukan ritual “Moksa” di Pura Uluwatu.


Daya tarik utama Pura Uluwatu tentu saja terletak pada pemandangan alamnya yang sangat mempesona dari atas tebing setinggi 250 kaki yang menghadap ke Samudera Hindia. Apalagi jika kamu datang di sore hari ketika matahari ingin terbenam. Dijamin akan jadi salah satu momen indah yang tak kan Sobat Torch lupakan!


Selain itu, ada juga pertunjukan tari kecak yang ditampilkan di tengah panggung Pura Uluwatu. Penampilan tari kecak ini diselenggarakan setiap hari Kamis s/d Minggu pada jam 18.00-19.00 WITA. Penampilan tari kecak disertai dengan sunset sebagai backgroundnya, sungguh indah dan mendamaikan jiwa raga!


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Bagian-Bagian Pura Uluwatu


Pura Uluwatu adalah pura yang berdiri di atas tebing bebatuan menghadap ke arah timur, tepatnya menghadap langsung ke luasnya Samudera Hindia. Pura ini memiliki ketinggian 70 meter di atas permukaan laut, sehingga kamu bisa merasakan hembusan angin ombak yang kencang disertai dengan pemandangan Samudera Hindia yang memukau. 


Komplek Pura Uluwatu sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu halaman luar (jaba sisi), halaman tengah (jaba tengah), dan halaman utama (jeroan). Untuk masuk menuju ke komplek Pura Uluwatu, Sobat Torch haru menaiki anak tangga berupa batu yang cukup tinggi. Kemudian kamu akan menemui Gapura dengan pahatan bermotif daun dan bunga disertai dengan arca manusia berkepala gajah di ujung tangga. Gapura tersebut merupakan penanda bahwa kamu sudah memasuki komplek Pura Uluwatu.


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Lokasi dan Rute Menuju Pura Uluwatu


Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, sekitar 30 km dari pusat Kota Denpasar atau sekitar 1 setengah jam perjalanan darat. Dari arah Bandara Ngurah Rai, waktu tempuhnya sekitar 45-60 menit perjalanan darat dengan jarak sekitar 22 km.


Rute tercepat dari Kota Denpasar yaitu melalui Jalan Bypass Ngruah Rai menuju ke Jalan Raya Uluwatu. Setelah memasuki Jalan Raya Uluwatu, lurus saja terus sejauh 16,9 km hingga memasuki Jalan Raya Uluwatu Pecatu. Dari sini kamu hanya perlu mengikuti jalan sampai di ujung jalan kamu akan sampai di Pura Uluwatu.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


Tiket Masuk, Fasilitas, dan Jam Operasional di Pura Uluwatu


Berikut adalah list harga untuk menikmati keindahan Pura Uluwatu:

Tiket Masuk Domestik Dewasa: Rp30.000/orang

Tiket Masuk Domestik Anak-anak: Rp20.000/orang (umur 6-12 tahun)

Tiket Masuk Mancanegara Dewasa: Rp50.000/orang

Tiket Masuk Mancanegara Anak-anak: Rp30.000/orang (umur 6-12 tahun)

Parkir Motor: Rp2.000/motor

Parkir Mobil: Rp5.000/mobil

Tiket Tari Kecak Dewasa: Rp150.000/orang

Tiket Tari Kecak Anak-anak: Rp75.000/orang (2-9 tahun)


Fasilitas di Pura Uluwatu juga cukup memadai, seperti toilet, area parkir, restoran/warung makan, jalur disabilitas, dan penjual souvenir. Kamu juga bisa menikmati suguhan kuliner lokal seperti sate lilit dan nasi campur Bali ketika berkunjung.


Untuk jam operasionalnya, Pura Uluwatu dibuka setiap hari mulai dari jam 07.00 - 19.00 WITA. Tapi perlu dicatat bahwa jam tersebut dapat berubah menyesuaikan upacara keagamaan yang ada.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. Kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Tips Kunjungan ke Pura Uluwatu


Berikut adala beberapa tips dari Torch agar kunjunganmu di Pura Uluwatu jadi lebih berkesan:

  • Waktu terbaik mengunjungi adalah menjelang sore hari (sebelum pertunjukan tari kecak dimulai). Suasana sunset di tebing karang disertai dengan gemuruh angin dan suara deburan ombaknya sangatlah mempesona.
  • Pakai pakaian yang rapi dan sopan, terutama bagi Sobat Torch perempuan agar menutupi area bahu dan lutut.
  • Jaga barang bawaan kamu agar tidak dicuri oleh monyet-monyet di sekitar kawasan
  • Hormati tempat-tempat suci untuk beribadah 
  • Jangan lupa bawa bekal air minum karena untuk mencapai tempat ini kamu akan menaiki anak tangga yang cukup tinggi

Selain itu, Torch juga ada menyediakan artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik jangan lupa baca artikel tersebut ya!


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki 30 liter dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari 20 + 2 liter dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak foldable dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Dengan menyimak panduan dari Torch, kini Sobat Torch sudah siap menjajal petualangan seru di Pura Uluwatu! Destinasi ikonik ini wajib masuk dalam daftar liburan kalian ke Bali. Nikmati kemegahan arsitektur bangunannya yang memesona, saksikan tarian kecak yang sakral, dan jangan lewatkan momen matahari terbenam dari tebingnya yang sangat menawan.


Segera atur jadwal liburan kalian, Sobat Torch! Pura Uluwatu dengan sejuta pesonanya menanti untuk dieksplorasi. Tak perlu ragu lagi, dengan mengikuti saran dari Torch, liburan kalian dijamin semakin sempurna! Sampai jumpa di artikel rekomendasi destinasi wisata Torch lainnya ya!

Back to blog

Leave a comment