image source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/06/10/tanah-lot_169.jpeg?w=1200

Panduan Wisata di Tanah Lot Bali Tahun 2024

Halo Sobat Torch! Siapa sih yang tidak kenal dengan Tanah Lot? Salah satu destinasi wisata Bali ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Tanah Lot merupakan objek wisata berupa kuil Hindu yang berdiri kokoh di atas batu karang yang dikelilingi laut lepas. Pemandangan senja di Tanah Lot sudah lama menjadi incaran para wisatawan domestik maupun mancanegara. 


Selain pemandangan indah berpadu senja memikat, Tanah Lot juga menyimpan keunikan sejarah dan legenda yang tidak kalah menarik untuk diulas. Tertarik menjelajahi keindahan Tanah Lot tahun ini? Simak panduan wisata lengkapnya dari Torch berikut ini!


Daya Tarik Tanah Lot Bali


Nama "Tanah Lot" sendiri diambil dari kata "Tanah" yang berarti bumi dan "Lot" berarti jalur atau jalan air laut, sehingga tanah lot dapat diartikan sebagai pulau yang terletak di laut. 


Kuil ini dibangun di atas batu karang selus 3 hektar berbentuk bangunan pura yang terdiri dari 1 halaman polos. Uniknya, bangunan utama Pura Tanah Lot hanya bisa diakses saat air laut surut melalui jalur jalan daratan di laut.


Legenda yang mengiringi sejarah Tanah Lot juga sangat menarik untuk diketahui. Konon pada abad ke-16, seorang pendeta sakti bernama Dang Hyang Nirartha datang ke Bali untuk menyebarkan agama Hindu. Beliau kemudian memutuskan untuk mendirikan sebuah pura di atas batu karang untuk mengusir para penguasa jahat. Batu karang tersebut sebelumnya merupakan sebuah bagian daratan yang luas oleh karena kutukan. Sepeninggal Dang Hyang Nirartha, pura tersebut diabadikan hingga kini dengan nama Pura Tanah Lot.


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!


Lokasi dan Rute ke Tanah Lot Bali


Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km dari Kota Tabanan dan 25 km dari Kota Denpasar. Apabila Sobat Torch menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dari arah Denpasar, kamu hanya perlu mengikuti Jl. Raya Canggu menuju ke Jalan By Pass Tanah Lot kemudian masuk ke Jalan Tanah Lot. Durasi perjalanan dari pusat Kota Denpasar dapat memakan waktu sekitar 1 jam an.


Bagi Sobat Torch yang berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu dapat mengambil rute Jalan Bandara Ngurah Rai menuju ke Jalan By Pass Ngurah Rai. Dari sana, kamu akan memasuki Jalan Sunset Road dan menuju ke Jalan Raya Canggu, kemudian kamu akan melewati rute yang sama seperti yang Torch sebutkan sebelumnya ketika menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Untuk jaraknya sendiri adalah sektar 27 km dengan waktu tempuh 1,5 jam. 


Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!


Harga Tiket, Fasilitas, dan Akomodasi di Tanah Lot Bali


Untuk dapat menikmati keindahan Tanah Lot Bali, Sobat Torch harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk sendiri terbilang cukup terjangkau, yaitu:


Tiket Masuk Wisatawan Domestik Dewasa: Rp30.000/orang

Tiket Masuk Wisatawan Domestik Anak-anak: Rp20.000/orang

Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Dewasa: Rp75.000/orang

Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Anak-anak: Rp40.000/orang

Tiket Parkir Motor: Rp2.000/motor

Tiket Parkir Mobil: Rp5.000/mobil

Tiket Parkir Bus: Rp10.000/bus


Di area Tanah Lot, tersedia fasilitas seperti parkir kendaraan, toilet umum, warung makan, dan area pertokoan untuk membeli oleh-oleh. Bagi Sobat Torch yang ingin menginap terlebih dahulu sebelum mengunjungi Tanah Lot, terdapat banyak pilihan penginapan seperti vila, resort, hingga hotel bintang 5 di sekitar Tanah Lot. Namun perlu diingat untuk selalu memesan tempat menginap jauh-jauh hari, terutama saat akhir pekan atau musim liburan.


Untuk Sobat Torch yang ingin liburan dengan low budget, kamu dapat membuat itinerary sebelum memulai perjalanan. kamu juga dapat melihat beberapa artikel yang sudah Torch bahas seperti cara membuat itinerary dan contoh itinerary untuk liburan agar pengalaman berliburmu menjadi lebih menyenangkan. Beberapa contoh itinerary Bali dari Torch adalah itinerary bali 4 hari 3 malam dan itinerary bali 5 hari 4 malam.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Pulau Komodo yang Wajib Dikunjungi


Spot Menarik di Tanah Lot Bali


Setelah sampai di Tanah Lot, Sobat Torch akan disuguhi berbagai spot menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah rekomendasi destinasi wajib di Tanah Lot:


1. Pulau Karang 

pemandangan pulau karang

Pulau Karang atau disebut juga Batu Bolong merupakan spot eksotis dari Tanah Lot berupa pulau karang dengan lubang menganga di tengahnya. Pulau ini menjadi salah satu spot paling diminati untuk berbagai kegiatan seperti memancing hingga berswafoto.


2. Gua Air Suci 

pengunjung mengambil air di gua air suci

Selain Pura Tanah Lot, terdapat sebuah gua bernama Gua Air Suci yang dipercaya sebagai sumber air suci. Air dari gua ini biasa digunakan untuk keperluan upacara keagaamaan di Pura Tanah Lot.


3. Monumen Tri Antaka 

gerbang monumen tri antaka

Di area Tanah Lot, Sobat Torch juga bisa melihat Monumen Tri Antaka, yang merupakan monumen untuk mengenang sejarah masyarakat Bali melawan NICA di tahun 1946.


4. Pura Ibadah 

pemandangan pura ibadah dari ketinggian

Tentu tidak lengkap jika Sobat Torch tidak mengunjungi Pura Ibadah di Tanah Lot sebagai pura utama. Desainnya yang unik dengan memadukan unsur batu karang dan arsitektur Bali menjadikan pura ini sangat instagramable.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Puncak Bogor yang Wajib Dikunjungi


5. Pura Penataran 


Pura Penataran merupakan pura untuk mengadakan upacara keagamaan yang dinamakan Rebo (Rabu) Wage. Suasananya yang khidmat cocok bagi Sobat Torch ingin menenangkan diri sejenak. 


6. Gua Ular Suci 


Lokasinya tidak jauh dari Pura Ibadah, terdapat sebuah gua yang konon katanya terdapat ular berkulit belang hitam putih yang menjaga gua tersebut. Di gua ini, kamu juga dapat berinteraksi dengan ular lho Sob! Tapi kamu tidak perlu khawatir karena terdapat pawang yang akan menjagamu.


7. Area Panggung Tari Kecak 

pengunjung berkumpul di area panggung tari kecak ditemani pemandangan sunset di sore hari

Di dekat Pura Ibadah, terdapat sebuah panggung terbuka yang biasa digunakan untuk pertunjukan tari kecak, tarian tradisional Bali. Sobat Torch bisa menyaksikan pertunjukan ini pada sore hari saat golden hour sambil menikmati indahnya pemandangan sunset.


8. Pura Penyawangan 


Pura ini berada di sebelah barat Pura Penataran dan merupakan lokasi suci untuk melakukan persembahyangan dan upacara keagamaan lainnya.


Rekomendasi Tas Torch untuk Liburan Tahun 2024


Torch merupakan sebuah brand yang didirikan untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami oleh para traveler, mulai dari permasalahan saat packing hingga problem lain yang biasa ditemui dalam perjalanannya. Oleh karena itu, Torch menghadirkan berbagai macam produk tas seperti tas ransel, travel backpack, tas selempang, messanger bag, tote bag, waist bag, tas kantor, duffle bag, dan lainnya yang tak hanya variatif dan multi-fungsi, namun juga simpel dan inovatif, sehingga praktis untuk digunakan dalam setiap momen perjalananmu.

 

Jadi, Sobat Torch tidak perlu khawatir menggunakan tas travel bac kpack dari Torch karena tas ini memang di desain khusus untuk Sobat Torch yang ingin beragam kegiatan dan aktivitas outdoor maupun indoor. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tas yang cocok untuk temani liburanmu:

 

1. Kanzaki 30 Liter

tas kanzaki 30 liter dari torch

Merupakan salah satu series best seller dari Torch untuk kategori travel backpack. Series yang satu ini bisa dipakai untuk perjalanan traveling karena bisa muat banyak barang. Tas ini juga dilengkapi dengan bahan Water Repellent yang tahan dari cipratan air dengan intensitas sedang membuat Sobat Torch tidak perlu takut dengan hujan.

List fitur dari Kanzaki 30 Liter:

  • Dilengkapi dengan Rain Cover untuk melindungi barang bawaan kamu dan Trolley Strap untuk mengaitkan tas pada troli koper kamu.
  • Air Bender Foam Back System yang terdapat di series Kanzaki akan membuat punggungmu terasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.
  • Dengan kapasitas 30 liter tas ini memiliki banyak saku dan kompartemen yang bisa kamu manfaatkan untuk organizer barang kamu agar semakin rapi. 
  • Terdapat kompartemen laptop yang terpisah di bagian belakang, agar laptop kamu tetap aman dari goresan benda lain dan memudahkanmu untuk mengambilnya.
  • Terdapat tambahan kompartemen sepatu di bagian bawah, yang akan memudahkanmu membawa sepatu/sandal lebih dan tetap tampil kece saat sedang berpergian.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent dan diberi rain cover tambahan, sehingga kamu gak perlu takut kehujanan lagi.
  • Varian warna: Jet Black, Legion Blue, dan Nine Iron Grey
  • Dimensi: 32cm x 50cm x 19cm

 

2. Ishikari Backpack 20 + 2 Liter

tas ishikari 20 + 2 liter dari torch

Salah satu Tas Bestseller dari Torch. Cocok untuk kamu yang suka berpergian 1 hingga 3 hari. Tas ini memiliki volume 22 Liter. Terdapat tempat untuk laptop yang dilengkapi double padding sebagai pengamannya.

List fitur Ishikari Backpack 20 + 2 Liter:

  • Bahan Duralite Nylon yang sudah teruji anti air dengan intensitas air sedang. Selain itu, bahannya juga sudah teruij 2 kali lebih kuat dan 30% lebih ringan
  • Muat banyak barang dan memiliki kompartemen khusus untuk laptop 14 inch.
  • Muat untuk beragam barang seperti notebook A5, Charger pack, dan dompet. Dilengkapi dengan compas puller
  • Bagian flap di bagian atas yang bisa muat untuk tissue pack atau headset, dan saku samping untuk menyimpan tumblr
  • Tersedia rain cover agar tas semakin terlindungi dari hujan dengan intensitas tinggi
  • Terdapat back system TRD foam canal yang berfungsi untuk melindungi punggung agar lebih nyaman ketika mengenakan tas ini
  • Varian warna: Legion Blue, Black, Grey, dan Terracota
  • Dimensi tas: 30cm x 47cm x 17cm

 

3. Rampak Foldable Backpack

tas rampak foldable dari torch

Backpack sekaligus waist bag? Torch kenalkan, rampak foldable bag. Saat dimaksimalkan fungsinya dapat menjadi backpack. Namun, saat dilipat tetap berfungsi sebagai waist bag. Praktis banget bukan?

List fitur Rampak Foldable Backpack:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai backpack dan saat terlipat bisa dimanfaatkan sebagai waist bag.
  • Tersedia kompartemen yang luas dan saku depan untuk menyimpan barang pentingmu.
  • Disediakan saku samping untuk menyimpan botol minum atau payung kamu.
  • Strap bagian bahunya didesain khusus untuk meminimalisir rasa panas yang mengakibatkan keringat ketika digunakan.
  • Saat terlipat, tas ini tetap bisa dimanfaatkan sebagai waist bag. Saku depannya bisa kamu simpan dompet serta handphone kamu.
  • Terbuat dari bahan Duralite Nylon yang memiliki sifat Water Repellent, sehingga aman dari percikan air. Selain itu, bahan ini juga sudah teruji 2x lebih kuat dan 30% lebih ringan.
  • Varian warna: Black dan Navy
  • Dimensi tas: 45cm x 30cm x 14cm

Itulah panduan lengkap wisata ke Tanah Lot Bali di tahun 2024 dari Torch untuk Sobat Torch. Dengan mempersiapkan segala hal seperti rute perjalanan, biaya tiket, hingga spot-spot wajib kunjungan, kamu dijamin akan mendapatkan pengalaman berwisata yang maksimal. Selain itu, Torch juga ada membuat artikel mengenai tips berlibur ke bali dan tips backpacker ke bali. Buat kamu yang tertarik kamu bisa membaca artikel tersebut ya!


Tak lupa, selalu jaga sikap saat berada di area suci seperti Tanah Lot dengan berpakaian rapi dan sopan. Jangan risau wisata ke Tanah Lot menyita banyak waktu dan biaya, karena keindahan alamnya yang memukau akan lebih dari sekadar mengobati rasa lelah perjalanan kita. Selamat menikmati keindahan Tanah Lot, Sobat Torch!

Back to blog

Leave a comment