ICAK "A Travel Photographer"

Halooo SobaTorch!

Kali ini kita akan berkenalan dengan Icak, salah satu sobat kita yang pernah traveling keliling Asia

Hai Icak! Bisa cerita tentang diri kamu?

Nama saya Darmastyo (30), lebih akrab dipanggil Icak. Saya merupakan mantan karyawan sebuah perusahaan di kawasan Kuningan, Jakarta yang punya hobi traveling dan fotografi. Selepas berhenti dari perusahaan, saya memutuskan untuk jalan-jalan keliling Asia.

Icak, boleh ceritakan tentang awal mula mempunyai keinginan untuk keliling Asia?

Pada bulan Mei 2014, saya berhenti dari pekerjaan saya untuk melakukan perjalanan keliling Asia (mayoritas) menggunakan jalur darat. Selama perjalanan, saya mengumpulkan portofolio foto dari berbagai tempat di negara yang saya kunjungi. Berangkat sendirian, saya mulai perjalanan dari Bandung, melintasi Sumatra, menapaki Semenanjung Malaya, menuju Cina, Kyrgyzstan, Yordania, Iran, Turki dan India.

Jadi Perjalanan Icak mulai dari kapan sampai kapan? Perjalanan saya selama 181 hari (6 bulan), berangkat 6 Juni 2014 kembali ke Bandung hari Rabu, 3 Desember 2014. Wow, Negara mana saja yang kamu singgahi Cak? Ada 11 negara termasuk Indonesia-Singapura-Malaysia-Thailand-Laos-Cina-Kyrgyzstan-Jordan-turki-Iran-India. Apa Motivasi Icak untuk jalan-jalan? Motivasi saya adalah hunting foto dan jalan-jalan sejauh mungkin ke arah barat Benua Asia dalam waktu 6 bulan.

Sebenarnya Icak dapat Inspirasi darimana untuk Jalan-jalan keliling Asia? Saya dapat inspirasi dari para traveler lain, banyak baca kisah dari buku-buku petualangan contohnya H.Bahari (Haji Backpacker – wartawan Jawa Pos), JJ Polnaja – biker motor keliling dunia, Mas Paimo – Sepedahan Keliling Dunia, Trinity Traveler, Agustinus Wibowo –Traveler Asia Tengah dan Trinity Traveler.

Apakah Icak kenal dengan mereka? Nggak, baca ceritanya doang. Hehe… Apa aja sih isi tas Icak yang dibawa untuk perjalanan ini ? Backpackingpackinglist

Bawa banyak barang sehari-hari seperti alat mandi, beberapa set pakaian, laptop, kamera, tripod, buku- Pokoknya beban berangkat 17 kg terdiri dari 10 kg perlengkapan kamera, tripod, lensa, laptop, 7 kg sisanya adalah benda-benda lainnya.

Berapa banyak pakaian yang Icak bawa selama 181 hari? Tiga baju, eh empat baju (satu beli di kamboja), dua celana pendek, dua celana panjang *kalau gak salah* Bajunya dicuci? Iya dong dicuci, Insya Allah hehehe

Apakah selama perjalanan berat badan Icak mengurus? Pas awal perjalanan, nimbang di Singapura 82 kg. Pas pulang, nimbang di tempat yang sama 82 kg juga. Jadi entah emang beratnya stagnan atau timbangannya yang rusak.

      TORCH-IG-16 TORCH-IG-15

Cak boleh kasih tau kita pengalaman-pengalaman mengasyikan ataupun menyedihkan selama perjalanan?

Banyak sih yang seru, diantaranya saya pernah kena hujan es di Kyrgyzstan waktu naik kuda sampai suhu udaranya turun drastis, berkunjung ke kaum Bedouin di India, hitchhike (nebeng) di Cina.

Nah selama sebulan di Cina ini, saya sarapan dengan makanan yang sama yaitu mie sapi karena satu-satunya tulisan yang bisa saya baca dan bisa saya ucapkan. Kalau pengalaman yang menyedihkan, saya sempat kena tipu di India sampai nyaris gelut (berantem) sama calo narkoba India.

Wah, serem juga ya Cak... Ada saran atau tips untuk menghindari hal-hal buruk selama perjalanan? Waspada selalu, cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat atau negara yang akan dikunjungi.

Selain pengalaman-pengalaman tersebut, hasil apa yang Icak dapat selama perjalanan? Setelah 181 hari perjalananan, saya kembali lagi ke Indonesia dengan 500GB file foto dan jutaaan cerita, baik yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan.

[embed]http://www.youtube.com/watch?v=1FURHRUa3y0[/embed] Baiklah Cak sepertinya seru banget cerita kamu, pasti masih banyak cerita seru lainnya ya… Next, bisa dong sharing lagi untuk Sobatorch? Siap bisa 86! Selamat mengikuti, semoga menginspirasi...  

Nah, Sobatorch...penasaran dengan cerita Icak selanjutnya? Ikuti terus update cerita perjalanan Icak di blog Torch :) 

#CeritaIcak #181DayStory #GueJugaBisaKelilingAsia #TorchAdventure #TheAdventureCulture

 
June 12, 2015 1 tags (show)

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.