Mau Ambil Foto Keren Pakai Kamera Handphone? Cek Tipsnya Disini ;)

Hai Sobatorch! Siap melakukan perjalanan? Kebetulan akhir pekan ini ada libur panjang dan lengkap dengan banyak acara menarik! Iya! Hari kemerdekaan Republik indonesia! Yang untungya juga jatuh pada hari senin, jadilah ada long-weekend lengkap dengan banyak kegiatan menarik untuk dipotret!

Nah, bagaimana kalau Sob sedang melakukan perjalanan dan hanya bawa kamera pocket HP supaya gak terlalu berat? Emang bisa ya buat foto bagus? BISA!! Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diulik sedikit biar foto kamera saku atau handphone bisa jadi menarik. Apa saja tips-tips itu? Berikut 5 tips untuk memaksimalkan kamera handphone atau kamera saku.

1. Ambil Selfie!!!

Iya! Kamera kecil seperti yang ada di kamera hp dan pocket sangat ideal untuk selfie atau wefie! Bayangkan kalo foto selfie memakai DSLR! Berat Sob! Kagok pula...

Nah untuk memaksimalkan selfie, ingat untuk cari tahu belahan wajah dan pose “terbaik”, lalu cari latar belakang keren. Sesuaikan komposisi muka dan latar, angan sampai mukanya ngabisin tempat, atau malah sebagian muka kepotong ga masuk frame. Kalau sudah oke? jepret! lalu bagikan di sosial media! lumayan untuk bukti jalan-jalan, Jangan lupa tag torch ya..

2. Pelajari Kelemahan Kamera

Tiap kamera mau sebagus apapun pasti ada kelemahannya, biasanya kelemahan terbesar adalah si pengguna gatau cara memaksimalkan kameranya #eh. Nah, sekarang Sob harus tau kelemahan kameranya apa supaya bisa melakukan antisipasi :D

Biasanya kamera HP/Saku akan lemah untuk:
  • Foto aksi kecepatan tinggi
Solusinya: Hindari mengambil foto kegiatan aksi atau mengunakan mode burst atau... belajar teknik panning.
  • Fotografi dalam cahaya kurang terang
Solusinya: Hindarilah memotret di daerah remang-remang.
  • Zoom digital yang “pecah”
Solusinya: Jangan pake zoom digital, kalo perlu lebih dekat? Ya jalanlah mendekati obyek.

Bagaimana kalau kelemahan kameranya gak bisa diakali? Seperti terlalu gelap atau terlalu cepat? Kalau begitu yah saatnya kita duduk dan menikmati pengalaman perjalanannya. Setuju kan? Menikmati perjalanan lebih asyik daripada membuang waktu mengutuki kamera.

3. Belajar Komposisi Sederhana

Salah satu kunci foto yang menarik ialah terletak pada komposisi. Apa itu komposisi? Komposisi, bahasa awamnya adalah cara menempatkan obyek foto. Salah satu komposisi yang paling mudah adalah aturan sepertiga atau rule of third, yaitu menaruh obyek pada titik sepertiga dari bingkai.

Aturan ini juga berguna untuk foto landscape lho! Cara pakainya adalah dengan menempatkan  bagian pemandangan sepertiga dari foto yang diambil.

[gallery columns="2" size="full" ids="3862,3863"] 4. Cari Obyek Menarik, Mendekat dan Cari Sudut Foto

Tips ini bisa berlaku secara harfiah dan kiasan. Kalau ada satu obyek menarik untuk difoto, cobalah mendekat dan mengira-ngira bagaimana hasilnya ketika difoto, lalu “mendekat” dan cari  ada hal apa yang membuat kita tertarik pada benda itu.  Setelahnya, cari “sudut pandang” atau  cara kita menceritakan hal menarik tadi ke orang lain.

Tenang saja, saat kita sedang melakukan perjalanan, hampir semua yang kita lihat adalah hal baru dan menarik untuk diceritakan. Sebagai contoh, makanan sagu sangat menarik untuk diceritakan pada orang yang belum pernah mencobanya.

5. Proses Fotonya!

Setelah foto selesai diambil, mari proses dengan mengira-ngira bagaimana caranya membuat foto itu lebih baik lagi. Ingat! Banyak 'jalan keluar' untuk menghasilkan foto yang lebih baik selain dengan meng-upgrade/membeli gear baru.

Selain itu, kita juga bisa memproses foto menggunakan apps atau software post produksi. Hal ini gak haram juga Sob. Hampir semua foto hasil fotografer terkenal juga melewati proses post-produksi kok, minimal contrast, saturation dan exposure.

Masih nggak percaya kamera hp/pocket gak bisa ambil foto bagus? Coba cek akun IG @xcanadian

 
Written by: Icak (@darmastyo)
Edited by: @hanie_20
 

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.