Mendaki Gunung Rinjani, "Gunungnya Para Dewa"

Sudah pernah mendaki ke Gunung Rinjani, Sob? Pastinya penasaran kan dengan keindahannya?

Gunung yang memiliki tinggi 3.726 meter ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Pulau Sumatra.

[caption id="attachment_5164" align="aligncenter" width="640"]Danau-Segara-Anak Danau-Segara-Anak (by: blog.hicity.co.id)[/caption]

Gunung Rinjani merupakan gunung yang dipercaya oleh masyarakat hindu bali sebagai tempat bersemayamnya para dewa selain dua gunung lainnya yaitu Gunung Semeru dan Gunung Agung. Banyak jalur pendakian untuk mencapai puncaknya, namun jalur yang umum dipakai oleh para pendaki adalah jalur Sembalun-Senaru.

Mengawali pendakian dari jalur sembalun, kita akan disuguhkan pemandangan savana yang begitu luas. Panas terik matahari langsung menyorot tubuh para pendaki, oleh karenanya sepanjang jalur sembalun sampai puncak terdapat 3 pos peristirahatan yang biasa digunakan pendaki untuk beristirahat meneduh atau juga mendirikan tenda.

[caption id="attachment_5166" align="alignnone" width="810"]Jalur Pendakian Sembalun Jalur Pendakian Sembalun (by: arsiyawenty.wordpress.com)[/caption]

Sesampainya di pos 3, para pendaki biasanya akan bermalam dulu lalu hari berikutnya melakukan pendakian ke puncak, biasanya mengambil waktu tengah malam untuk mengejar matahari terbit. Setelah puas dengan pemandangan matahari terbit, para pendaki bersiap untuk turun melalui jalur Senaru. Di jalur pulang sob bisa juga mendirikan tenda di sekitar Danau Segara Anak, di sana Sob bisa memancing ikan ataupun berendam di sekitar danau.

Sebuah paket pendakian yang lengkap untuk sebuah Gunung di Indonesia. Pemandangan di jalur turun melalui Senaru dipenuhi pohon-pohon yang sangat kontras dengan jalur pendakian Sembalun. Begitu banyak panorama yang akan kita dapatkan ketika kita mendaki Gunung Rinjani.

Sebelum Sob memutuskan untuk mendaki Gunung Rinjani, ada beberapa tips yang bisa sob ikuti sebelum melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

  1. Rencanakan anggaran pendakian dari jauh-jauh hari. Anggaran dari mulai transportasi, logistik, menyewa alat-alat dan lain-lainnya.
  2. Persiapkan logistik (perbekalan) lebih dari hari pendakian yang kita anggarkan dan jangan pelit untuk membeli bahan makanan bervariasi dan bergizi.
  3. Pastikan dahulu apakah kita akan menggunakan porter atau tidak, survey dahulu berapa harga porter dan kebiasaan-kebiasaan porter di Gunung Rinjani.
  4. Disarankan untuk mengambil jalur berbeda ketika mendaki dan turun, seperti Sembalun dan Senaru, karena akan memberikan pengalaman yang berbeda di setiap jalurnya.
  5. Siapkan perlengkapan seperti manset dan topi untuk melewati jalur Sembalun guna melindungi dari sengatan panas matahari
  6. Sob juga bisa membawa alat pancing untuk memancing di Danau Segara Anak yang konon ikannya besar-besar!

Setelah semua persiapan sudah terceklis, siapkan pula fisik yang kuat, baiknya juga melakukan pendakian-pendakian kecil ke gunung-gunung yang lebih rendah dari Gunung Rinjani. Setelah itu siapakan mata Sob untuk menikmati panorama keindahan Gunung Rinjani yang disebut sebagai 'setitik keindahan surga di dunia'.

Selamat mendaki Sob!!!

#Sumber gambar dan tulisan berasal dari beberapa web dan blog
Written by: @teguhgetuk
Edited by: @hanie_20

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.