SALAM MERDEKA DARI ANAK KRAKATAU!

Merayakan hari kemerdekaan di lapangan dan mengikuti berbagai perlombaan memang sudah biasa Sob. Tapi bagaimana ya rasanya merayakan 17 Agustus di tempat tak biasa seperti  di Anak Krakatau?

Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera ini merupakan gunung api yang muncul pada tahun 1927 atau  40 tahun setelah erupsi dahsyat Gunung Krakatau pada tahun 1883. Gunung ini tergolong sebagai gunung api aktif yang masih bertambah ketinggiannya setiap tahun.

[gallery columns="2" size="full" ids="3892,3891"]

Dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung, gunung tak berpenghuni yang memiliki luas sekitar 320 Ha ini termasuk kedalam kawasan Cagar Alam Krakatau. Dengan total seluas 13.605 Ha, kawasan Cagar Alam Krakatau ditetapkan sebagai salah satu World Heritage atau warisan peninggalan dunia oleh UNESCO.

Pendakian ke Anak Krakatau ini seruuuu walau medan yang ditempuh lumayan sulit. Selama kurang lebih 40  menit waktu pendakian, para pendaki akan melewati medan berpasir hitam yang membuat langkah menjadi agak berat. Oleh karena itu, para pendaki disarankan untuk memakai perlengkapan yang nyaman seperti T-Shirt, backpack, pouch, dan sandal atau sepatu gunung agar memudahkan selama pendakian.

Perlu Sob ketahui, para pendaki tidak diijinkan untuk mendaki sampai puncak Anak Krakatau. Hal ini dikarenakan puncak Anak Krakatau merupakan kawah yang masih aktif dan terkadang menimbulkan letusan-letusan kecil sehingga berbahaya untuk didaki. Para pendaki hanya diijinkan masuk hingga ketinggian 200 meter di atas permukaan laut (pos terakhir) dan biasanya akan ditemani serta diawasi oleh petugas dari BKSDA Lampung.

Meskipun trek yang dilalui cukup menguras tenaga, tapi pemandangan yang disuguhkan sangat indah sehingga pendakian pun tak terasa membosankan. Di ‘puncak’ alias pos terakhir, Sob dapat memandangi birunya langit dan laut Pantai Anak Krakatau.  Disini juga para pendaki bisa melakukan upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus.

Jika Sob berkesempatan melakukan upacara bendera disini, Sob akan merasa tersentuh dan sangat bangga menjadi warga negara Indonesia yang memiliki sejuta kekayaan serta keindahan alam. Tentunya Sob juga akan lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah susah payah merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Untuk membuktikan kecintaan dan rasa hormat Sob terhadap Indonesia dan para pahlawan, tak usah muluk-muluk, Sob dapat membuktikannya dengan menjaga kelestarian alam dan tidak berbuat kerusakan seperti vandalisme (coret-coret sembarangan) dan buang sampah sembarangan.

Yuk, jaga dan lestarikan alam Indonesia :) Jangan biarkan anak cucu kita kelak tak bisa menikmati keindahan alam Indonesia Sob…

Pesan Lestarikan Alam dari Raisa

 
#Sumber gambar & bahan tulisan berasal dari beberapa web dan blog.
Written by: @hanie_20(ig)

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.