Torch — tips traveling

Blog Menu

Lakukan 5 Cara Ini Agar Dompet Sob Aman Ketika Traveling!

Traveling bisa jadi pengalaman tak mengenakkan jika Sob ceroboh atau tidak berhati-hati. Kehilangan barang khususnya dompet ketika traveling merupakan salah satu contohnya. Untuk mencegah hal tersebut, lakukan 5 cara ini agar dompet aman ketika traveling; 1. Jangan perlihatkan dompet di depan umum Sebisa mungkin jangan mengeluarkan serta memperlihatkan dompet ketika tengah berada di fasilitas umum seperti di dalam angkot, terminal bus dan di tempat ramai lainnya. Hal ini dapat mengundang copet untuk mengintai Sob. 2. Simpan dompet di tempat yang tersembunyi Agar tak menarik perhatian orang jahat, simpan dompet serta barang berharga milik Sob lainnya di tempat yang tersembunyi misalnya di dalam saku jaket yang tertutup (memiliki seleting). Hindari juga untuk menyimpan dompet di dalam saku celana bagian belakang karena bisa jadi sasaran empuk para copet. 3. Simpan dompet di tempat yang aman Untuk mengantisipasi hilangnya dompet saat traveling, lebih baik Sob menyimpannya di tempat yang aman seperti di dalam travel pouch. Tipsnya ialah dengan memakai/selempangkan travel pouch di depan agar bisa terus Sob pantau, 4. Gunakan rantai untuk mengamankan dompet Bagi Sob yang tak suka membawa banyak barang ketika traveling ataupun melakukan kegiatan outdoor, gunakan rantai yang dikaitkan di slot ikat pinggang untuk mengamankan dompet. Hal ini bisa jadi cara teraman dan simple untuk menyimpan dompet di dalam saku celana, 5. Pisahkan sejumlah uang di beberapa tempat Sebagai antisipasi jika Sob kehilangan dompet, pisahkan sejumlah uang ke dalam beberapa tempat seperti saku jaket, saku celana bahkan bisa juga di dalam kaos kaki.   Article (On Pict): Dompet kulit imitasi Blyth Info & order, klik http://www.torch.id/shop/accessories/blyth atau hubungi CS via; -LINE@: @torch.id (klik http://line.me/ti/p/%40torch.id) -Sms/whatsapp: 081931342126 -Pin: 5B6B532D (klik www.pin.bbm.com/5B6B532D)  

Written by: @hanie_20

Mau Liburan ke Luar Negeri di Akhir Tahun? Yuk Cek Dulu Kurs Rupiahnya Sob!

Akhir tahun ialah saatnya bagi Sob untuk menghabiskan waktu libur panjang dengan liburan ke tempat-tempat seru, termasuk ke luar negeri. Namun sebelum Sob memutuskan liburan ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Ya! Apalagi jika bukan budget... Di akhir tahun atau yang juga dikenal sebagai peak season, biaya traveling seperti tiket pesawat, hotel dan akomodasi lainnya bisa dipastikan melambung tinggi. Jika Sob tak mau mendadak bangkrut setelah liburan, sebaiknya persiapkan anggaran budget beserta itinerary perjalanan agar budget tak tersedot sepenuhnya. Termasuk memperhatikan kurs rupiah terhadap mata uang negara asing yang akan Sob kunjungi. Berikut ini merupakan daftar kurs (nilai tukar rupiah) yang bersumber dari website Bank Indonesia pada tanggal 7 Desember 2015.

[table id=4 /]
So, siap liburan akhir tahun Sob? Have a great holidays! :D
Written by: @hanie_20
Web source:www.bi.go.id

TIPS & TRIK FLASHPACKERAN HEMAT KE SINGAPURA (2 HARI 1 MALAM)

Berawal dari quotes,

“Once a year, go someplace you’ve never been before”

Saya dan sahabat saya, Irna, ‘iseng’ merencanakan liburan kilat ke negara tetangga, Singapura. Mulai dari berburu tiket pesawat promo, hunting penginapan hingga cari tiket wisata murah secara online kita lakuin sendiri demi liburan hemat dan murah. Berikut ini langkah serta tips bagi Sob yang ingin coba flashpackeran 2 hari 1 malam ke Singapura.

• Berburu Tiket Pesawat Promo

Yang terpenting ketika Sob akan melakukan flashpacker hemat ialah mendapatkan tiket pesawat semurah mungkin karena budget terbesar ada di tiket pesawat. Rajin-rajin cek website atau sosmed maskapai low-fare, contohnya Air Asia. Sob bisa mendapatkan harga miring untuk tiket pulang-pergi (PP) hingga rate Rp 600ribu-an. Walau ketika melakukan flashpacker saya mendapat tiket Rp 779ribu/orang untuk PP (tanpa tambahan apapun, seperti bagasi, pilih kursi, asuransi dan makanan).

• Hunting Penginapan Murah

Hal yang terpenting kedua ialah penginapan. Hunting penginapan atau hostel murah melalui web-web seperti Agoda dan Traveloka karena biasanya harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan booking langsung ke penginapan/hostel yang dituju.

Selain itu, kita juga bisa melihat review para traveler yang pernah menginap untuk dijadikan bahan pertimbangan. Waktu itu saya order penginapan 5footway Inn Bugis via Traveloka dengan rincian 1 kamar Superior Double (window) with shared bathroom (kamar mandi terpisah) dengan harga Rp 613.193 semalam untuk 2 orang. Jadi saya hanya membayar sekitar Rp 306.600 untuk penginapan di daerah Bugis.

Saya memilih penginapan ini karena lingkungannya yang aman dan nyaman, dekat dengan Masjid Sultan dan pusat perbelanjaan cinderamata dengan harga relatif murah. Walau kamarnya cukup kecil, tapi bersih serta pelayanannya sangat ramah ditambah sudah termasuk sarapan dan Wi-Fi (ini penting untuk dunia per-updetan, hehe). 5footway Inn Bugis ini juga dekat dengan stasiun MRT Nicoll Highway, kurang dari 5 menit jalan kaki.

[caption id="attachment_5425" align="aligncenter" width="640"]Suasana Sarapan di Penginapan 5FootWayInn Suasana Sarapan di Penginapan 5FootWayInn[/caption]  

Jika Sob ingin mendapatkan penginapan atau hostel lebih murah, Sob bisa memesan kamar hostel dormitory dengan jumlah 4-14 orang per-kamar. Range harganya mulai dari Rp 130ribu-an per orang.

• Cari Tiket Wisata Murah

Bagi saya, berlibur ke Singapura kayaknya gak lengkap kalau cuma jalan-jalan keliling doang Sob. Alhasil, saya dan Irna memutuskan untuk mengunjungi Sentosa Island tepatnya museum patung lilin Madame Tussaud. Kami membeli tiket secara online di Buka Lapak seharga Rp 222 ribu. Lebih murah dibandingkan beli langsung di ticket box Sentosa Island seharga S$ 30 (sekitar Rp 291 ribu, dengan rincian 1 dollar Singapura sebesar Rp 9.700). Sob bisa browsing di beberapa online store terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk beli tiket karena harga-nya berbeda-beda.

  • Menyusun Itinerary Walaupun keliatannya sepele, itinerary atau rencana perjalanan sangat penting untuk flashpackeran Sob!

Dengan membuat list tempat mana yang akan dikunjungi, Sob dapat memanfaatkan waktu selama disana secara maksimal. Dibawah ini ialah contoh itinerary ketika saya dan sahabat saya melakukan flashpackeran 2 hari 1 malam di Singapura:

[caption id="attachment_5399" align="aligncenter" width="1003"]Contoh itinerary flashpacker 2 hari 2 malam ke Singapura Contoh itinerary flashpacker 2 hari 1 malam ke Singapura[/caption]   • Akomodasi dan Perlengkapan Beli Tiket STP (Singapore Tourist Pass)

Untuk transportasi selama disana, Sob bisa sesuaikan dengan itinerary atau rencana perjalanan. Jika Sob akan lebih sering jalan-jalan ke berbagai tempat, lebih baik Sob membeli tiket transportasi bernama STP (Singapore Tourist Pass). STP ini dikhususkan untuk turis yang akan tinggal/berlibur di Singapura dalam waktu singkat mulai 1-3 hari. Kelebihan dari STP ini ialah Sob bisa naik turun MRT (Mass Rapid Train), LRT (Light Rapid Train) dan bus sepuasnya tanpa harus ribet Top-Up.

[caption id="attachment_5426" align="aligncenter" width="439"]MRT Singapore Suasana MRT Singapore[/caption]    

Saya membeli STP untuk 2 hari seharga S$ 26 (sekitar Rp 252.200). Memang agak mahal, tapi Sob dapat refund/ menerima uang kembali sebesar S$ 10 setelah mengembalikan kartu STP ke counter passanger (note: kartu STP ini bisa di-refund atau dimiliki, saya sendiri memilih refund di counter passanger Bandara Changi terminal 1 sebelum pulang ke Indonesia karena lumayan dapat kembali 10 dollar, keliatan ‘hemat’ nya ya,, hhi).

[caption id="attachment_5400" align="aligncenter" width="480"]Singapore Tourist Pass Singapore Tourist Pass[/caption]   Paket Internet

Sehari sebelum ke Singapura, saya dan Irna memutuskan untuk patungan membeli paket internet international roaming (Hot Promo Singapore) Telkomsel untuk internetan, sms dan telepon seharga Rp 150ribu (Rp 75ribu/orang). Paket internet ini penting untuk flashpacker yang baru pertama kali ke Singapura. Kami menggunakannya untuk akses google map (agar gak nyasar), mengabari keluarga dan tentunya update dong biar eksis hha (maklum anak muda masa kini).

Makanan Halal

Bagi Sob yang beragama muslim, tentunya makanan halal penting dong… Saran saya, selalu cari makanan dengan tanda atau tulisan Halal. Jika tak menemukan tempat makan dengan tanda halal, cari yang ada tulisan “No Pork, No Lard”. Jika masih ragu-ragu juga, Sob bisa cari gerai-gerai fast food terkenal seperti McD, KFC, dll. karena sudah ter-SOP halal #CMIIW.

Harga makanan di Singapura pun bervariasi mulai dari S$ 2, contohnya roti prata, makanan India yang saya makan di sebuah resto India di Little India (pusing gak tuh baca India-nya? Hhi). Sob juga bisa coba nasi biryani dengan kari ayam di restoran Bugis seharga S$ 3.9. Sebenarnya ada beberapa resto dan makanan Indonesia, tapi come on buat apa jauh-jauh ke Singapura untuk makan-makanan dari negara sendiri :P

[gallery columns="2" size="large" ids="5401,5402"] Minuman

Karena harga air mineral di Singapura terbilang cukup mahal, sekitar S$ 1.2, sebaiknya Sob bawa tumblr atau tempat minum dari rumah. Karena disana terdapat keran air siap minum dan Sob dapat mengisinya dengan gratis,,,tis,,,, tis. Ya, namanya juga flashpacker hemat Sob! :D

Dokumen Penting

Untuk flashpackeran atau liburan ke Singapura, beberapa dokumen ini wajib Sob bawa dan Jangan Sampai Ketinggalan! * Passport dengan masa tenggang minimal 6 bulan * Identity Card atau KTP * Boarding Pass (Tiket pesawat PP… note: Jika Sob menggunakan Air Asia, maka Sob bisa Check In online via web sehingga tak perlu check in lagi di bandara alias langsung masuk ke ruang tunggu atau boarding room) * Bukti pembayaran penginapan Jika Sob memesan penginapan via online, cetak bukti pembayaran dan alamat tempat Sob menginap karena Sob harus mencantumkannya di embarkation form sebelum melalui pemeriksaan imigrasi.

Untuk membawa segala perlengkapan seperti pakaian dan dokumen-dokumen penting, saya dan Irna menggunakan tas travel (backpack) ukuran 24 L dan travel pouch (tas selempang) dari Torch. Simpel, gak ribet dan yang jelas ringan plus kuat sehingga menyenangkan dibawa saat flashpackeran.

Berikut ini beberapa foto hasil dokumentasi selama flashpackeran 2 hari 1 malam di Singapura, check it out! ;)
So, siap flashpackeran ke Singapura Sob?! :)
 
Written and Documented by: @hanie_20

MENGENAL FINLANDIA LEBIH DEKAT

Apakah Sob tahu tentang salah satu aplikasi game terpopuler Angry Bird?
Ya, tentunya Sob pasti pernah memainkan game ini di smartphone, tablet, dan komputer Sob. Game yang bercerita tentang hubungan antara sekawanan burung lucu dan babi hijau yang tak pernah akur ini dibuat oleh Rovio Entertainment, sebuah developer game yang terletak di Finlandia. Berbicara tentang Finlandia, negara ini memiliki keanekaragaman budaya yang tidak akan Sob temukan di negara lain. Disamping itu,  Finlandia memiliki berbagai macam destinasi wisata yang tidak boleh Sob lewatkan. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Finladia yang bisa dijadikan  pertimbangan untuk menjadi destinasi liburan selanjutnya. 1. Land of the Thousand Lakes dan Land of the Midnight Sun Negara yang letak ibukotanya di Helsinki ini memiliki ratusan ribu danau dan pulau. Danau di Finlandia bisa mencapai 180,000 ribu dan jumlah pulaunya bisa mencapai 179,500 ribu. Itulah mengapa Finlandia disebut dengan Land of the Thousand Lakes (Negara Seribu Danau). Selain itu, matahari di Finlandia tidak menyentuh horison saat bulan Juni dan Juli yaitu selama musim panas. Oleh karena itu, Finlandia mempunyai julukan lain yaitu Land of the Midnight Sun. Nah, mungkin Sob harus mempersiapkan tas backpack murahmu dan merencanakan perjalanan ke Finlandia di bulan tersebut sehingga Sob dapat melihat fenonema menarik tersebut dan juga berkunjung ke beberapa destinasi danau dan pulau. 2. Sauna dan Finlandia Terdapat kurang lebih 2,2 juta sauna tersebar di Finlandia. Hal ini dikarenakan sauna sudah menjadi standar bagi orang Finlandia di setiap rumahnya. 3. Sistem pendidikan Dengan dilihat dari biaya studi gratis dan subsidi makanan, Finlandia berkeinginan membangun sistem komprehensif yang didanai publik tanpa melakukan seleksi siswa. Bisa dibayangkan kalau Sob sekolah di Finlandia, Sob tidak usah memikirkan biaya masuk dan tinggal membawa ransel murah saja. 4. Kompetisi Unik di Finlandia Finlandia dikenal dengan kompetisinya yang unik seperti wife carrying, mobile phone throwing, mosquito catching, swamp soccer, boot throwing, sauna, dan air guitar. Sempatkanlah untuk berkunjung dengan tas ransel murahmu untuk membawa kamera, jaket, makanan, dan minuman seperlunya. 5. Tidak ada telepon umum di Finlandia Terdapat 5 juta telepon genggam di Finlandia untuk sebuah populasi 5.4 juta orang. Hal ini karena Finlandia mempunyai perusahaan telekomunikasi Nokia yang merupakan salah satu perusahaan telepon genggam di dunia.
Jadi, tertarik mengunjungi Finlandia Sob?! :)
#Sumber gambar dan tulisan berasal dari beberapa web dan blog
Written by: Fadhlillah Ahmad Zaeni
Edited by: @hanie_20

Smartphone dan Traveling- Optimalkan Ponsel Pintarmu!

Sebelum membaca lebih lanjut coba jawab pertanyaan dibawah ini dulu.

“Saat sedang dalam perjalanan travelling, ponsel Sobatorch dipakai untuk apa saja?”

Kalau jawabannya hanya selfie, chating lalu untuk fb-an,path-an dsb… sayang betul lho! Ponsel pintar Sob itu sebenernya jauh lebih kuat daripada itu, dan bisa jauh lebih berguna dengan apps-apps yang tersedia untuk para pejalan tangguh.

Berikut ini beberapa tips dan apps yang bisa membuat ponsel pintar Sob lebih pintar dan tangguh untuk perjalanan jauh! Juga berguna untuk kenangan perjalanan yang menyenangkan!

Ubah selfie jadi dokumentasi

Tak ada salahnya selfie, ayo selfie yang banyak!

Apakah Sob tahu, kalau salah satu benda terpenting yang dibawa para pengungsi Suriah ke Eropa adalah ponsel pintar? Dan mereka sering selfie?

Ternyata para pengungsi yang merupakan kelas menengah ini menggunakan ponsel pintar mereka untuk berkomunikasi dengan keluarganya, bercerita tentang pengalaman mereka dan mendokumentasikan perjuangan mereka. Salah satu pengungsi berkata “saya melakukan selfie, supaya saya bisa bercerita ke anak cucu saya tentang perjalanan saya ini”

Nah Sob, itu hal yang penting untuk dicatat. Gunakan selfie-selfie dan foto yang Sob ambil untuk bercerita. Sebaga seorang traveler, tentu Sob tahu dong berbagi cerita tentang perjalanan selalu menyenangkan, apalagi kalau ceritanya memang menarik.

[caption id="attachment_5154" align="aligncenter" width="810"]Biara di kota Shangrila (Zhongdian), Tiongkok Sebuah biara di kota Shangrila (Zhongdian), Tiongkok.
Didepannya adalah puing-puing bekas kebakaran besar yang menghancurkan sebagian besar kota lama.
(Foto ini diambil menggunakan kamera ponsel pintar)[/caption]  

Sekarang bagaimana caranya supaya selfie jadi dokumentasi? Tambahkan elemen cerita disana! Jangan selfie depan candi borobudur tapi seluruh frame isinya hanya muka Sob saja. Coba tunjukkan pemandangan yang keren dengan bagian muka Sob yang kece sebagai pelengkap. Pasti lebih cetarr!

Jangan lupa juga menulis cerita, nama dan hal menarik yang Sob dapat dengan aplikasi notes yang ada di ponsel pintar Sob. Tambah foto situasi, makanan dan obyek, tinggal diramu lalu cetar membahana!

Kalau ke luar negeri agak lama, beli simcard dan paket data demi kelancaran internetan.

Nggak ada salahnya jad fakir WiFi. hemat bos!

Tapi dimanakah biasanya lokasi WiFi gratisan? Kafe? Kalau di kafe harus bayar juga toh. Airport?  Hotel? Pada akhirnya ngga semua tempat ngasih WiFi yang bener-bener gratisan. Kadang malah butuh usaha lebih mahal dan sulit yang ngebuat Sob-Sob kehilangan kesempatan.

Cerita nyata, saya dulu fakir WiFi dan terpaksa nyari-nyari WiFi gratisan untuk tahu informasi tentang satu acara yang saya cari. Sementara orang-orang yang saya tanya tidak tahu tentang acara itu. Singkat cerita, setelah berkeliliing setengah hari. Akhirnya saya terpaksa masuk kafe, beli minuman yang ternyata mahal demi WiFi. Ternyata acara itu dibatalkan. Seandainya saya tersambung ke internet, dan tahu info itu duluan, tentu saya nggak usah kehilangan setengah hari dan uang seharga minuman. Yang paling utama, tentu saya nggak gondok karena telat dapat informasi.

Simcard plus internet juga biasanya harganya nggak terlalu mahal kok. Di Thailand, simcard 3G gratis dibagikan di kantor informasi turis, tinggal langganan paket yang gak terlalu mahal. Kalo pergi berkelompok, tinggal beli simcard untuk satu orangsaja, sementara yang lain tinggal WiFi-tethering saja.

Jika anda punya paket internet tentu juga nggak masalah untuk menggunakan aplikasi online, seperti peta, pemesanan tiket dan hotel dan semacamnya. Tanpa harus nongkrong di kafe turis yang biasanya mahal dan kadang internetnya bapuk juga.

Namun jangan lupa, internet itu hanya pendukung perjalanan. Bukan tujuan Sobatorch jalan-jalan. Rugi amat kalau Sobatorch ada di depan Machu Pichu, tapi sibuk internetan doang.

Unduh Aplikasi peta online dan offline

Sebagai sarana penunjang perjalanan, sebaiknya Sob juga mengunduh aplikasi peta digital untuk memperlancar perjalanan Sob. Salah satu yang terbaik tapi perlu internet adalah WAZE dan googglemap (gratisan) . Namun, kalau Sob perlu app yang tak tersambung ke Internet. Berdasarkan pengalaman saya yang terbaik adalah ulmon pro citymaps2go (ada versi gratisan).

[caption id="attachment_5155" align="aligncenter" width="183"]Tampilan aplikasi citymaps2go Tampilan aplikasi citymaps2go[/caption]  

Peta Ulmon pro ini bisa saya pakai tanpa internet di Cina, Kyrgyzstan dan Iran (lumayan hemat kuota juga), namun awalnya kita perlu mengunduh dulu peta offline untuk diisi di aplikasi ini (nah begini saatnya jadi fakir WiFi).

Unduh aplikasi bahasa online dan offline

i-translate, googgle translate adalah salah satu aplikasi penerjemah bahasa yang terbaik untuk online. Untuk offline salah satu yang terbaik adalah Jibbigo, perlu unduh konten bahas dulu, tapi sangat berguna. Namun katanya apps Jibbigo ini sudah dibeli Facebook dan sudah tak ada lagi.

Unduh aplikasi keuangan

XEcurrency  (gratisan) adalah salah satu aplikasi online terbaik untuk melihat kurs mata uang.

Trailwallet dan expensify (gratisan) adalah applikasi yang berguna untuk mencatat pengeluaran kita saat berjalan-jalan.

Sementara CheckPlease (gratisan) berguna untuk menghitung jumlah pembagian biaya berkelompok termasuk pajak dan tips.

Gunakan aplikasi review dan booking hotel untuk memaksimalkan kenyamanan

[caption id="attachment_5156" align="aligncenter" width="174"]Tampilan aplikasi Wikitravel Tampilan aplikasi Wikitravel[/caption]  

Tripadvisor  (gratisan) dan Wikitravel  (gratisan) adalah aplikasi untuk membaca review dan pengalaman orang lain untuk satu lokasi tujuan perjalan. Biasanya ada tips perjalanan disini.

Caravansarai, Travelfish, Tripadvisor, Traveloka adalah website perjalanan yang berisi dan pengalaman orang lain untuk satu lokasi tujuan perjalan. Sangat berguna untuk mengetahui informasi tentang tujuan kita.

Hotelquickly, Bookhostel dan Agoda adalah website yang juga beberapa ada aplikasinya untuk kita memesan hotel di tujuan kita.

Tips: biasanya booking dari situs atau apps ini akan membuat kita mendapatkan diskon! Yeaaah!

Bawa charger, powerbank dan kabel-kabel ponsel pintarmu 

Nggak ada guna bawa  ponsel pintar supermahal dengan paket internet berjuta-juta gigabite kalo nggak bisa nyala.

Hmm, mungkin masih bisa untuk ganjel pintu atau ngelempar anjing sih. Tapi rasanya bukan itu fungsi ponsel pintar.

Written & documented by: Icak (@darmastyo)
Edited by: @hanie_20