TIPS & TRIK FLASHPACKERAN HEMAT KE SINGAPURA (2 HARI 1 MALAM)

Berawal dari quotes,
“Once a year, go someplace you’ve never been before”

Saya dan sahabat saya, Irna, ‘iseng’ merencanakan liburan kilat ke negara tetangga, Singapura. Mulai dari berburu tiket pesawat promo, hunting penginapan hingga cari tiket wisata murah secara online kita lakuin sendiri demi liburan hemat dan murah. Berikut ini langkah serta tips bagi Sob yang ingin coba flashpackeran 2 hari 1 malam ke Singapura.

• Berburu Tiket Pesawat Promo

Yang terpenting ketika Sob akan melakukan flashpacker hemat ialah mendapatkan tiket pesawat semurah mungkin karena budget terbesar ada di tiket pesawat. Rajin-rajin cek website atau sosmed maskapai low-fare, contohnya Air Asia. Sob bisa mendapatkan harga miring untuk tiket pulang-pergi (PP) hingga rate Rp 600ribu-an. Walau ketika melakukan flashpacker saya mendapat tiket Rp 779ribu/orang untuk PP (tanpa tambahan apapun, seperti bagasi, pilih kursi, asuransi dan makanan).

• Hunting Penginapan Murah

Hal yang terpenting kedua ialah penginapan. Hunting penginapan atau hostel murah melalui web-web seperti Agoda dan Traveloka karena biasanya harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan booking langsung ke penginapan/hostel yang dituju.

Selain itu, kita juga bisa melihat review para traveler yang pernah menginap untuk dijadikan bahan pertimbangan. Waktu itu saya order penginapan 5footway Inn Bugis via Traveloka dengan rincian 1 kamar Superior Double (window) with shared bathroom (kamar mandi terpisah) dengan harga Rp 613.193 semalam untuk 2 orang. Jadi saya hanya membayar sekitar Rp 306.600 untuk penginapan di daerah Bugis.

Saya memilih penginapan ini karena lingkungannya yang aman dan nyaman, dekat dengan Masjid Sultan dan pusat perbelanjaan cinderamata dengan harga relatif murah. Walau kamarnya cukup kecil, tapi bersih serta pelayanannya sangat ramah ditambah sudah termasuk sarapan dan Wi-Fi (ini penting untuk dunia per-updetan, hehe). 5footway Inn Bugis ini juga dekat dengan stasiun MRT Nicoll Highway, kurang dari 5 menit jalan kaki.

[caption id="attachment_5425" align="aligncenter" width="640"]Suasana Sarapan di Penginapan 5FootWayInn Suasana Sarapan di Penginapan 5FootWayInn[/caption]  

Jika Sob ingin mendapatkan penginapan atau hostel lebih murah, Sob bisa memesan kamar hostel dormitory dengan jumlah 4-14 orang per-kamar. Range harganya mulai dari Rp 130ribu-an per orang.

• Cari Tiket Wisata Murah

Bagi saya, berlibur ke Singapura kayaknya gak lengkap kalau cuma jalan-jalan keliling doang Sob. Alhasil, saya dan Irna memutuskan untuk mengunjungi Sentosa Island tepatnya museum patung lilin Madame Tussaud. Kami membeli tiket secara online di Buka Lapak seharga Rp 222 ribu. Lebih murah dibandingkan beli langsung di ticket box Sentosa Island seharga S$ 30 (sekitar Rp 291 ribu, dengan rincian 1 dollar Singapura sebesar Rp 9.700). Sob bisa browsing di beberapa online store terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk beli tiket karena harga-nya berbeda-beda.

  • Menyusun Itinerary Walaupun keliatannya sepele, itinerary atau rencana perjalanan sangat penting untuk flashpackeran Sob!

Dengan membuat list tempat mana yang akan dikunjungi, Sob dapat memanfaatkan waktu selama disana secara maksimal. Dibawah ini ialah contoh itinerary ketika saya dan sahabat saya melakukan flashpackeran 2 hari 1 malam di Singapura:

[caption id="attachment_5399" align="aligncenter" width="1003"]Contoh itinerary flashpacker 2 hari 2 malam ke Singapura Contoh itinerary flashpacker 2 hari 1 malam ke Singapura[/caption]   • Akomodasi dan Perlengkapan Beli Tiket STP (Singapore Tourist Pass)

Untuk transportasi selama disana, Sob bisa sesuaikan dengan itinerary atau rencana perjalanan. Jika Sob akan lebih sering jalan-jalan ke berbagai tempat, lebih baik Sob membeli tiket transportasi bernama STP (Singapore Tourist Pass). STP ini dikhususkan untuk turis yang akan tinggal/berlibur di Singapura dalam waktu singkat mulai 1-3 hari. Kelebihan dari STP ini ialah Sob bisa naik turun MRT (Mass Rapid Train), LRT (Light Rapid Train) dan bus sepuasnya tanpa harus ribet Top-Up.

[caption id="attachment_5426" align="aligncenter" width="439"]MRT Singapore Suasana MRT Singapore[/caption]    

Saya membeli STP untuk 2 hari seharga S$ 26 (sekitar Rp 252.200). Memang agak mahal, tapi Sob dapat refund/ menerima uang kembali sebesar S$ 10 setelah mengembalikan kartu STP ke counter passanger (note: kartu STP ini bisa di-refund atau dimiliki, saya sendiri memilih refund di counter passanger Bandara Changi terminal 1 sebelum pulang ke Indonesia karena lumayan dapat kembali 10 dollar, keliatan ‘hemat’ nya ya,, hhi).

[caption id="attachment_5400" align="aligncenter" width="480"]Singapore Tourist Pass Singapore Tourist Pass[/caption]   Paket Internet

Sehari sebelum ke Singapura, saya dan Irna memutuskan untuk patungan membeli paket internet international roaming (Hot Promo Singapore) Telkomsel untuk internetan, sms dan telepon seharga Rp 150ribu (Rp 75ribu/orang). Paket internet ini penting untuk flashpacker yang baru pertama kali ke Singapura. Kami menggunakannya untuk akses google map (agar gak nyasar), mengabari keluarga dan tentunya update dong biar eksis hha (maklum anak muda masa kini).

Makanan Halal

Bagi Sob yang beragama muslim, tentunya makanan halal penting dong… Saran saya, selalu cari makanan dengan tanda atau tulisan Halal. Jika tak menemukan tempat makan dengan tanda halal, cari yang ada tulisan “No Pork, No Lard”. Jika masih ragu-ragu juga, Sob bisa cari gerai-gerai fast food terkenal seperti McD, KFC, dll. karena sudah ter-SOP halal #CMIIW.

Harga makanan di Singapura pun bervariasi mulai dari S$ 2, contohnya roti prata, makanan India yang saya makan di sebuah resto India di Little India (pusing gak tuh baca India-nya? Hhi). Sob juga bisa coba nasi biryani dengan kari ayam di restoran Bugis seharga S$ 3.9. Sebenarnya ada beberapa resto dan makanan Indonesia, tapi come on buat apa jauh-jauh ke Singapura untuk makan-makanan dari negara sendiri :P

[gallery columns="2" size="large" ids="5401,5402"] Minuman

Karena harga air mineral di Singapura terbilang cukup mahal, sekitar S$ 1.2, sebaiknya Sob bawa tumblr atau tempat minum dari rumah. Karena disana terdapat keran air siap minum dan Sob dapat mengisinya dengan gratis,,,tis,,,, tis. Ya, namanya juga flashpacker hemat Sob! :D

Dokumen Penting

Untuk flashpackeran atau liburan ke Singapura, beberapa dokumen ini wajib Sob bawa dan Jangan Sampai Ketinggalan! * Passport dengan masa tenggang minimal 6 bulan * Identity Card atau KTP * Boarding Pass (Tiket pesawat PP… note: Jika Sob menggunakan Air Asia, maka Sob bisa Check In online via web sehingga tak perlu check in lagi di bandara alias langsung masuk ke ruang tunggu atau boarding room) * Bukti pembayaran penginapan Jika Sob memesan penginapan via online, cetak bukti pembayaran dan alamat tempat Sob menginap karena Sob harus mencantumkannya di embarkation form sebelum melalui pemeriksaan imigrasi.

Untuk membawa segala perlengkapan seperti pakaian dan dokumen-dokumen penting, saya dan Irna menggunakan tas travel (backpack) ukuran 24 L dan travel pouch (tas selempang) dari Torch. Simpel, gak ribet dan yang jelas ringan plus kuat sehingga menyenangkan dibawa saat flashpackeran.

Berikut ini beberapa foto hasil dokumentasi selama flashpackeran 2 hari 1 malam di Singapura, check it out! ;)
So, siap flashpackeran ke Singapura Sob?! :)
 
Written and Documented by: @hanie_20

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.